Bashar al-Assad: Suriah Mampu Hadapi Serangan Amerika

Presiden Suriah Bashar al-Assad
Sumber :
  • REUTERS/Bogdan Cristel

VIVAnews - Presiden Amerika Serikat, Barack Obama, mengancam akan menyerang Suriah menyusul serangan dengan senjata kimia, yaitu gas sarin yang digunakan rezim Assad menghadapi rakyatnya.

Seperti diberitakan orange.co.uk Minggu, 1 September 2013, Menteri Luar Negeri, John Kerry, dalam wawancara dengan beberapa saluran berita AS menunjukkan bukti-bukti kasus serangan menggunakan gas sarin.

Dia mengatakan, sampel rambut dan darah yang diberikan responden di Damaskus telah diuji dan positif sarin. Ahli saraf memperkirakan kandungannya 500 kali lebih beracun dari sianida.

Juru Bicara PBB saat dikonfirmasi mengatakan, pemeriksa senjata PBB telah diminta oleh Sekretaris Jenderal, Ban Ki-moon, untuk mempercepat analisis sampel yang dikumpulkan dari kota-kota di Suriah.

Berdasarkan data yang dimiliki AS, korban tewas akibat serangan kimia di Damaskus mencapai 1.429 orang, termasuk 426 anak-anak.

Sementara itu, Presiden Suriah Bashar al-Assad kepada televisi pemerintah mengatakan, negaranya siap menghadapi serangan apa pun.

"Ancaman Amerika melancarkan serangan terhadap Suriah tidak akan mencegah Suriah jauh dari prinsip-prinsipnya, atau memerangi terorisme yang didukung oleh beberapa negara-negara regional dan Barat, terutama Amerika Serikat," kata Assad.

"Suriah mampu menghadapi setiap agresi eksternal, seperti agresi internal yang setiap hari dihadapi dalam bentuk kelompok-kelompok teroris dan orang-orang yang mendukung mereka," tuturnya.

Pemerintah Suriah rezim Assad menyebut pihak pemberontak yang ingin menggulingkan pemerintahannya sebagai teroris.

Ide untuk menyerang Suriah disampaikan Obama pada Jumat lalu, 30 Agustus 2013. Saat itu, dia mengatakan, AS akan melakukan serangan terbatas. "Saya yakin bahwa kami dapat menahan rezim Assad dan membuatnya bertanggung jawab dalam penggunaan senjata kimia," tuturnya.

Moeldoko: Otonomi Daerah Harus Lanjutkan Pembangunan Visi Jokowi


Namun, dia tidak menyebut serangan terbatas macam apa yang akan dilakukan. Para analis menduga, serangan terbatas yang dirujuk Obama adalah dengan menembakkan rudal jelajah dan membidik langsung tentara Pemerintah Suriah. (art)

Ria Ricis

Cerita Soal Baby Box, Ria Ricis Seolah Pertegas Tentang Nafkah Batin

Ria Ricis mengambil hikmah dari pengalaman tersebut, yaitu kekuatan hubungannya dengan Moana yang sangat erat.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024