Jika Evakuasi Bangkai Kapal Costa Gagal, Laut Italia Tercemar

Kapal pesiar Costa Concordia
Sumber :
  • Amusing Planet

VIVAnews - Bangkai kapal pesiar Costa Concordia akan segera dievakuasi dari perairan dekat pulau Giglio, Italia, dengan cara ditegakkan dan diderek ke galangan. Operasi ini diharapkan sukses karena, jika tidak, perairan di sekitarnya bisa tercemar.

Menurut harian Telegraph, 15 September 2013, operasi penegakan kapal yang miring 70 derajat itu sebenarnya berpotensi menghancurkan lambung kapal. Namun, bila tidak segera dipindahkan, puluhan ton makanan, minuman serta limbah manusia di dalam kapal yang sudah membusuk bisa membuat laut sekitarnya tercemar parah.

Kapal pesiar seberat 104.000 ton itu membawa lebih dari 10.000kg ikan, hampir 2.400kg keju, 680kg es krim dalam tabung, 10.000kg pasta, 900kg bawang putih, lebih dari 2.000 toples selai dan hampir 17.000 teh celup.

Ditambah lagi 7.700kg daging sapi mentah, hampir 11.000 telur, 2.346 roti hot dog, 369kg daging kelinci dan lebih dari 1.000 galon susu. Beberapa minuman botolan, di antaranya 18.000 botol anggur, 22.000 kaleng Coca-cola, 1.000 botol minyak zaitun, 46.000 botol miras miniatur, dan 10 botol anggur komuni di gereja kapal.

Di dalamnya juga terdapat 65 galon cat dan 10 galon insektisida, ribuan matras, pakaian, sepatu dan plastik.

Lebih dari 20 bulan terendam dalam air, bahan-bahan makanan mentah ini dipastikan membusuk. Namun, makanan ini kebanyakan tersimpan di kulkas dan freezer raksasa di lambung kapal, sehingga meminimalisir pencemaran.

Namun, jika operasi penegakan kapal gagal, misalnya lambung terbelah dua jika terjadi kesalahan, maka makanan yang telah membusuk, ditambah penampungan limbah manusia yang berpotensi pecah, bisa membuat kerusakan lingkungan yang parah di perairan tersebut.

Otto Hasibuan: Rakyat Dituduh Pilih Prabowo-Gibran karena Bansos, Ini Sangat Menyakitkan!

Yakin Sukses

Franco Gabrielli, kepala badan Perlindungan Sipil Italia yang memberikan izin evakuasi Costa Concordia menjamin bahwa operasi itu tidak akan gagal. "Seratus persen yakin," kata Gabrielli.

Costa Cruises, perusahaan pemilik kapal pesiar itu mengatakan bahwa pengangkutan bahan makanan yang membusuk akan dilakukan setelah kapal itu tegak. Menurut mereka, pemindahan isi kapal akan sangat beresiko jika dilakukan masih dalam keadaan karam.

Kapal Costa Concordia yang berukuran dua kali lebih besar dibandingkan Titanic karam setelah menabrak terumbu karang pada 13 Januari 2012.

Rumor Ganjar Ditawari jadi Menteri Prabowo, Gibran: Yang Nawari Siapa?

Lambung kapal robek 70 meter, membuat kapal tenggelam sebagian. Sebanyak 32 dari 4.200 penumpang dan kru dilaporkan meninggal dunia. Hanya dua jenazah yang belum diketemukan hingga saat ini, diduga masih ada di kapal. (ren)

Sandra Dewi

Sandra Dewi Ogah Bahas Kekayaan Suami, Tahu Harvey Moeis Korupsi?

Citra Sandra Dewi langsung hancur setelah suami Harvey Moeis ditetapkan sebagai tersangka kasus korupsi dalam tata niaga komoditas timah wilayah Izin Usaha Pertambangan.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024