Usai Gempa Pakistan, Pulau Baru Muncul di Laut

Pulau baru yang muncul akibat gempa di Pakistan
Sumber :
  • NBC News
VIVAnews -
Mudik Lebaran 2024 Dinilai Beri Dampak Positif untuk Perekonomian Indonesia
Gempa Pakistan berkekuatan 7,7 skala richter menewaskan lebih dari 200 orang di Pakistan. Usai gempa dahsyat tersebut, sebuah pulau baru muncul di pesisir Gwadar, wilayah Balukistan.

Bakal Ada Adegan Ranjang Kim Soo Hyun dan Kim Ji Won di Queen of Tears?

Menurut seorang pejabat pemerintah, dilansir
Prediksi Pertandingan Liga 1: Persib Bandung vs Persebaya Surabaya
CNN , pulau yang muncul di lautan itu memiliki tinggi hingga 30 meter dan lebar 60 meter. Menurutnya, pulau serupa pernah muncul di tempat yang sama 60 tahun lalu, namun menghilang lagi.


Menurut pakar geofisika di US Geological Survey, John Bellini, fenomena munculnya pulau baru usai terjadi gempa tidak selalu terjadi. Adanya gelombang pasang diduga menjadi salah faktor penyebab munculnya pulau baru di sana.


Direktur Jenderal Departemen Meteorologi Pakistan, Arif Mahmood, mengatakan bahwa kemungkinan pulau itu muncul akibat getaran yang menyebabkan tanah di bawah laut naik. Namun, menurutnya, hal ini perlu penelitian lebih lanjut.


Analisis lainnya disampaikan oleh Lamont Doherty dari Pusat Pengamatan bumi di Columbia University. Dia mengatakan bahwa pulau tersebut adalah dataran sementara yang tercipta akibat gunung api lumpur.


Pulau tersebut, lanjutnya, terjadi akibat naiknya lumpur, pasir, dan air akibat getaran dan tekanan di dasar laut saat gempa terjadi. "Lapisan lumpur di bawah tanah bergetar, dan pasir menjadi padat," ujarnya.


Gempa yang terjadi di Pakistan telah menewaskan sedikitnya 208 orang. Kebanyakan mereka tertimpa bangunan yang menggunakan bahan dasar lumpur. Lebih dari seribu tentara diturunkan untuk mengevakuasi para korban. (sj)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya