Selamatkan Bocah di Mal Kenya, Nyawa Keluarga Terancam

Ibu-ibu menggendong anak mereka mencari perlindungan.
Sumber :
  • REUTERS/Goran Tomasevic

VIVAnews – Seorang pria yang mengenakan baju bermotif kotak-kotak berusaha menyelamatkan bocah perempuan berbaju motif polkadot di Mal Westgate, Nairobi, Kenya. Sang bocah berlari ke arahnya.

Harapan Ketum Brigade 08 Zecky Alatas pada Prabowo Subianto: Saya Optimis Beliau Bisa

Foto itu muncul di berbagai media dan menceritakan kisah kepahlawanan Abdul Haji, putra mantan Menteri Keamanan Kenya.

Seorang bocah berlari mencari perlindungan di Mal Westgate.

Sosok Haji kini ramai menjadi perbincangan di Kenya. Belakangan diketahui bocah perempuan yang ia selamatkan bernama Portia Walton (4 tahun). Portia bersama sang ibu Katherine Walton dan empat saudara kandungnya tengah berjalan-jalan di Mal Westgate ketika kelompok militan Al Shabaab menyerang mal itu.

Ibu Portia, Katherine, mengatakan baru berani menceritakan kisahnya di Mal Westgate karena dia tidak ingin membuat resah koleganya di North Carolina, Amerika Serikat. Katherine dan putra-putrinya hijrah ke Kenya dua tahun lalu mengikuti jejak sang suami, Philip.

Saat teroris menembaki pengunjung Westgate, Katherine sedang menunggu salah satu putranya yang baru selesai berbelanja. Beruntung putranya itu selamat dalam tragedi mengerikan tersebut. “Saya berutang pada Haji satu atau dua pelukan,” kata Katherine seperti dikutip Dailymail, Jumat 27 September 2013.

Sementara Haji yang diwawancarai stasiun televisi Kenya, NTV, mengatakan tak pantas dipuji seperti itu. “Saya hanya melakukan apa yang akan dilakukan warga Kenya lainnya ketika ada di posisi ini. Tentu mereka akan menyelamatkan nyawa orang lain tak peduli kebangsaan, agama, atau kepercayaannya,” kata Haji.

Haji termasuk salah satu orang yang memberanikan diri masuk ke dalam Mal Westgate bersama militer, tak lama usai kelompok al Shabaab menembakkan timah panas secara sporadis. Di dalam mal itu, dia bekerja sama dengan sang kakak yang merupakan agen antiteror.

Pada saat kejadian, sang kakak sesungguhnya masih bekerja dalam misi penyamaran. Kini usai kisahnya ramai diberitakan media massa, ayah dan kakak Haji kerap mendapat ancaman kematian. Pasalnya kakak Haji bertugas menumpas kelompok militan seperti al Shabaab.

Kelompok yang dekat dengan al Qaeda itu kerap mengancam Kenya sebagai ajang balas dendam karena Kenya telah mengirim pasukan militernya ke Somalia untuk memberantas al Shabaab.

Pemimpin al Shabaab, Ahmed Godane, mengatakan akan ada lebih banyak serangan lainnya apabila pemerintah Kenya tidak segera menarik pasukan mereka dari Somalia. Godane berpendapat, Kenya berada di bumi Somalia karena punya kepentingan atas sumber daya minyak yang ada di sana. (umi)

Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

AHY Ogah Bebankan Prabowo soal Jatah Menteri Buat Demokrat

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengaku pasrah terkait jatah menteri yang akan diberikan capres pemenang Pilpres Prabowo Subianto.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024