DUNIA

Pekan KTT APEC di Bali Hari Ini Dimulai

Para pebisnis serukan APEC harus kejar agenda ambisius

ddd
Selasa, 1 Oktober 2013, 06:37
Spanduk menyambut KTT APEC 2013 di Bali
Spanduk menyambut KTT APEC 2013 di Bali (ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana)
VIVAnews - Pekan Konferensi Tingkat Tinggi Forum Kerjasama Ekonomi Asia Pasifik (APEC) di Bali hari ini mulai berlangsung. Sebelum pertemuan puncak para pemimpin ekonomi APEC, yang berlangsung pada 7-8 Oktober 2013, rangkaian KTT ini didahului oleh pertemuan para anggota Dewan Penasihat Bisnis APEC (ABAC) yang berlangsung pada 1-4 Oktober, dan dilanjutkan pertemuan para kepala eksekutif korporat dan para pemimpin Ekonomi (APEC CEO Summit) yang berlangsung 5-7 Oktober 2013.

Menurut pantauan VIVAnews, kesibukan para panitia Pekan KTT APEC mulai meningkat sejak Senin kemarin saat menerima kedatangan para jurnalis dan anggota delegasi yang mulai berdatangan di Bandara Internasional Ngurah Rai Bali. Mereka mulai menerima permintaan registrasi peliputan dari para jurnalis dan akses untuk anggota delegasi, yang diperkirakan lebih dari dari dua ribu orang.

Hari ini Pekan KTT APEC dimulai dengan pertemuan ABAC, yang merupakan forum resmi bagi para pebisnis dari negara-negara anggota APEC. Menurut Ketua ABAC 2013, Wishnu Wardana, pada KTT kali ini para anggota APEC harus tetap konsisten mendukung integrasi ekonomi di kawasan sebagai cara untuk mempromosikan daya tahan dan pertumbuhan ekonomi sekaligus beradaptasi dengan perkembangan yang sedang terjadi.

"Integrasi ekonomi regional menyediakan berbagai cara untuk menyalurkan harapan APEC akan pemulihan ekonomi, stabilitas pertumbuhan, penciptaan lapangan kerja, dan stabilitas keuangan," kata Wishnu dalam pernyataan seperti yang dimuat di laman resmi ABAC.

"APEC harus mengejar agenda ambisius terkait perdagangan dan investasi bebas, tidak hanya dari segi barang namun juga jasa, sekaligus meningkatkan konektivitas termasuk penyediaan infrastruktur serta pasar keuangan yang terintegrasi," lanjut dia.
 
ABAC merupakan suara resmi dari kalangan pebisnis APEC. Forum ini melibatkan para pemimpin bisnis dari 21 anggota APEC yang dipilih secara resmi oleh kepala pemerintah masing-masing dan bertugas mengidentifikasi prioritas-prioritas kebijakan dan isu-isu krusial dari sektor bisnis untuk mencapai kerjasama ekonomi yang lebih erat.

Tahun ini ABAC diketuai delegasi dari Indonesia, yaitu Wishnu Wardahana, yang merupakan Direktur Indika Energi, salah satu perusahaan energi terkemuka di Indonesia.

Didirikan pada 1989, APEC merupakan forum bagi 21 ekonomi di Asia Pasifik yang mendorong perdagangan bebas dan kerjasama ekonomi kawasan dan menyelenggarakan pertemuan secara bergilir setiap tahun. Sejumlah pemimpin dunia yang juga anggota APEC dipastikan hadir pada KTT APEC di Bali, seperti Barack Obama dari AS, Vladimir Putin dari Rusia, Xi Jinping dari China, dan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sebagai tuan rumah.  (adi)


© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Informasi Pemasangan :
Telepon : 021-9126 2125 / Sales
Email : Sales@viva.co.id