Datang ke KTT APEC, Pihak Obama Minta Helipad dan Parkir Air Force One

Presiden Barack Obama dan pesawat kepresidenan Air Force One
Sumber :
  • REUTERS/Larry Downing

VIVAnews - Ada-ada saja permintaan Pemerintah Amerika Serikat saat mempersiapkan kedatangan presiden mereka, Barack Obama, ke Bali untuk KTT APEC. Pihak Obama minta disiapkan landasan helikopter (helipad) di sekitar Nusa Dua, karena tampaknya petinggi itu akan naik helikopter. Tidak hanya itu, pihak Obama juga minta parkir khusus untuk pesawat kepresidenan Air Force One. 

Demikian diungkapkan Wakil Komandan Satuan Tugas Pengamanan VVIP KTT APEC, Letnan Kolonel (Armed) Kadek Arya, saat ditanya soal standar pengamanan Obama. "Tim pengamanan Obama sudah berkoordinasi dengan kami, meminta helipad dan tempat parkir pesawat Air Force One," kata dia.

Kadek menambahkan pihaknya lalu mengkoordinasikan permintaan tersebut kepada lembaga terkait, seperti PT Bali Tourism Development Corporation (BTDC) dan PT Angkasa Pura I. Kendati begitu, ia menampik jika ada perlakuan khusus untuk Obama. "Soal pengamanan Obama sesuai protap saja," katanya.

Sementara itu, Direktur BTDC Nyoman Cakra mengaku helipad untuk Obama sudah siap dioperasikan. Landasannya pun telah dicoba baru-baru ini. "Helipad ini merupakan yang terbesar di Indonesia," kata Cakra.

Cakra menjelaskan, helipad dengan diameter 46 meter itu dikerjakan selama dua bulan lebih. Biaya yang dihabiskan mencapai Rp2 miliiar. Menurut Cakra, helipad ini sebagai syarat untuk menyambut tamu penting negara. "Presiden Obama pasti membutuhkannya," demikian kata Cakra.

Kepala Penerangan Kodam IX Udayana, Kolonel ARM Wing Handoko, menjelaskan, dari jadwal yang diterimanya, Obama akan tiba di Bali pada tanggal 5 Oktober 2013. "Dari jadwal sementara yang kami terima tanggal 5 Oktober 2013 akan tiba di Bali," kata Wing saat dihubungi VIVAnews, Selasa 1 Oktober 2013.

Kendati begitu, Wing mengaku jadwal tersebut bisa saja berubah tiap waktu. Sementara ini, belum ada jadwal yang pasti soal rencana kedatangan presiden dua periode tersebut. "Nanti akan ada komunikasi lagi menjelang kedatangan. Baru itu fixed. Rencana kedatangan Obama kan rahasia sebetulnya," Wing menerangkan.

Menurut jadwal dari panitia, sebelum bertemu dengan sesama pemimpin APEC pada 7-8 Oktober, Obama akan berpidato di pertemuan dengan para Kepala Eksekutif Korporat (CEO) pada Minggu 6 Oktober 2013.

Ini akan jadi kali ketiga Obama ke Indonesia dan kali kedua ke Bali. Terakhir pada 2012 saat menghadiri KTT Asia Timur. (kd)

Dominica Court Lifts Same-sex Relationship Ban
Jusuf Kalla

Jusuf Kalla Beri Selamat ke Prabowo-Gibran: Terima Kenyataan

Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 RI, Jusuf Kalla (JK) mengucapkan selamat kepada Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka usai ditetapkan KPU RI sebagai Presiden dan Wak

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024