APEC Diminta Permudah Pinjaman Bagi Pengusaha Kecil

Pembuat bakpia edisi APEC di Yogyakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Noveradika
VIVAnews
Berpengalaman di DPR, Sumail Abdullah Dinilai Berpotensi Maju Pilkada Banyuwangi
- Badan pemberi masukan bagi para pemimpin ekonomi Asia Pasifik, ABAC, ingin mendorong agar pelaku usaha kecil menengah dapat terus berkembang. Salah satunya dengan mempermudah pinjaman bagi mereka untuk dapat mengembangkan usahanya.

Sektor Manufaktur RI Jauh dari Deindustrialisasi, Ekonom Beberkan Buktinya

Demikian ungkap V. Paul Lee, anggota delegasi ABAC asal Kanada yang ditemui
Mak Vera Tepati Janji, Datang ke Makam Olga Syahputra Tengah Malam
VIVAnews , di Resor Ayana, Selasa 1 Oktober 2013. Direktur Vanedge Capital di kota Vancouver itu juga menyebut ABAC juga ingin memberi kemudahan bagi kaum wanita untuk memiliki dana di bank.


"Para pelaku usaha kecil menengah ini kesulitan memperoleh pinjaman dari bank, karena tidak dipercaya. Mereka dianggap memiliki modal yang kecil," kata Lee.


Lee mengatakan isu kunci lainnya yang akan dibahas dalam pertemuan ABAC yang mulai berlangsung Rabu, 2 Oktober 2013, yaitu mobilitas yang lebih baik bagi kalangan pebisnis dan perdagangan bebas di Asia Pasifik.


Dari Kanada, ungkap Lee, hanya ada tiga delegasi yang hadir di forum ABAC termasuk dirinya.


"Namun nanti akan ada delegasi lain dari Kanada yang tiba kemari untuk hadir di APEC CEO Summit dan Forum Pemimpin Ekonomi APEC (AELM)," ujar Johnson.


Pernyataan serupa juga terlontar dari mantan Ketua ABAC 2007, Mark Johnson. Pemilik Perusahaan Gresham Investment Partner di Sydney itu, ingin menggunakan forum ABAC mendorong liberalisasi jasa di kawasan Asia Pasifik.


"Kami ingin mendorong isu tersebut agar Pemerintah beberapa negara yang menerapkan proteksi mencabut kebijakan itu, " kata dia.


Ketika ditanya soal kemungkinan negara-negara berkembang termasuk Indonesia bersaing dalam pasar bebas Asia Pasifik pada 2020 mendatang, Johnson menyebut Indonesia memiliki peluang besar.


Dia mengungkap akan ada total lima delegasi dan staf dari Australia yang datang ke forum ABAC.


Pertemuan kali pertama ABAC akan digelar hari Selasa, 2 Oktober 2013 di Resor Ayana. Forum itu akan berakhir Kamis, 4 Oktober 2013.


Di bagian akhir, ABAC akan menghasilkan rekomendasi yang diajukan kepada para pemimpin anggota negara ekonomi APEC. (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya