Maskapai Jepang Borong Airbus, Boeing Gigit Jari

Pesawat Airbus A350
Sumber :
  • Wikipedia Common

VIVAnews - Untuk pertama kalinya maskapai Jepang, Japan Airlines Co Ltd (JAL), memborong puluhan pesawat Airbus sebagai armada terbaru mereka. Keputusan ini membuat perusahaan rival Airbus dari Amerika Serikat, Boeing, yang telah mengincar proyek ini gigit jari.

Diberitakan Reuters, Senin 7 Oktober 2013, JAL memborong 31 pesawat badan lebar A350 seharga US$9,5 miliar atau lebih dari Rp109 triliun dari perusahaan pembuat pesawat asal Prancis ini. JAL juga berencana membeli 25 lagi pesawat jenis serupa.

Pembelian ini disepakati di tengah terlambatnya produksi Dreamlines Boeing yang terkendala masalah teknis. Padahal sejak lama, produsen pesawat dari Amerika Serikat ini memonopoli pasar pesawat berbadan lebar di Jepang.

Boeing sebelumnya diuntungkan oleh dekatnya hubungan dengan produsen di Jepang dan eratnya kerja sama antara Tokyo dan Washington. Alhasil, perusahaan yang bermarkas di Chicago ini menguasai 80 persen pasar Negeri Sakura.

Namun, penundaan produksi Dreamliner 787 dan penghentian sementara operasi beberapa armada terkait cepat panasnya baterai pesawat membuat citra Boeing memburuk. Hal ini juga membuat Boeing telat mengirimkan pesanan.

Suara Golkar di Pemilu 2024 Naik Signifikan, Airlangga: Hitungan Kami Dapat 102 Kursi

Sebelumnya, maskapai JAL dan ANA (All Nippon Airways) langganan Dreamliner buatan Boeing. Celah inilah yang dimanfaatkan oleh Airbus.

"Ini adalah kemenangan besar bagi Airbus dan kerugian bagi Boeing. Selama puluhan tahun, Airbus mencoba mendobrak monopoli pesawat badan besar Boeing. Begitu juga Boeing yang mencoba menjauhkan Airbus dari kesepakatan dengan JAL dan ANA," kata pengamat yang juga direktur pelaksana perusahaan konsultan penerbangan Leeham Co di Seattle, Amerika Serikat, Scott Hamilton.

Pihak Boeing mengaku kecewa atas kesepakatan JAL dan Airbus, namun menghargai keputusan tersebut. "Kita telah membangun hubungan yang erat dengan Japan Airlines selama lebih dari 50 tahun dan kami ingin terus bermitra ke depannya," kata juru bicara Boeing.

Sekarang kedua maskapai ini tengah berebut proyek dengan ANA. Maskapai ini tengah mencari sekitar 25 jet baru untuk mengganti pesawat Boeing 777s mereka yang tua pada tahun 2020. Menurut Ryosei Nomura juru bicara ANA, mereka punya dua pilihan yaitu Boeing 777x atau Airbus A350. (umi)

Anak selebgram Aghnia Punjabi dianiaya

Anak Selebgram Aghnia Punjabi Diduga Dianiaya Pengasuh, Badan Diduduki hingga Kepala Dibanting

Anak selebgram Aghnia Punjabi diduga dianiaya pengasuh. Wajah anaknya babak belur. Mata kiri lebam, bekas luka di daun telinga, dan bibir juga terluka.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024