Iran Segara Kirim Monyet Kedua Ke Ruang Angkasa

Monyet ke Ruang angkasa
Sumber :
  • ibtimes.com
VIVAnews
Pakar Sebut Fakta Mengejutkan soal BBM Pertalite
- Iran terus menunjukkan kepada dunia bahwa teknologi ruang angkasanya semakin maju. Bulan Januari lalu, Iran berhasil mengirim monyet ke ruang angkasa. Bulan November nanti, Iran kembali berencana mengirim monyet kedua ke ruang angkasa.

Laksma TNI Avianto Resmi Pegang Tongkat Komando Lantamal XII Pontianak

Menurut surat kabar Jomhuri Eslami, dilansir
Kinclong Sepanjang Hari, Nilai Transaksi Perdagangan Saham BUMI Capai Rp 412 miliar
International Business Times , 14 Oktober 2013, upaya Iran mengirim hewan-hewan ke ruang angkasa merupakan proyek uji coba sebelum Iran benar-benar mengirim manusia ke ruang angkasa.


Wakil Kepala Badan Antariksa Iran, Hamid Fazeli, mengumumkan rencana pengiriman monyet kedua ke ruang angkasa hampir sama dengan pengiriman pertama, yaitu menggunakan kapsul ruang angkasa yang memiliki nama Pishgam atau Pionir.


"Kami telah menyelesaikan semua persiapannya. Pengiriman monyet akan dilakukan oleh sebuah roket berbahan bakar cair, berbeda dengan peluncuran sebelumnya yang menggunakan roket berbahan bakar padat," kata Fazeli.


Selain mengirim monyet ke ruang angkasa, Fazeli menambahkan, Iran juga akan berencana meluncurkan tiga satelit ke luar angkasa pada Maret 2014. Satelit itu bernama Tadbir, Prudence, serta Sharifsat dan Nahid.


"Sebelumnya kami sudah mengorbitkan dua satelit ke ruang angkasa pada awal tahun 2013, yaitu satelit Navid-e Elm-o Sanat dan Rasad," ungkap Fazeli.


Iran terus melakukan uji coba pengiriman hewan-hewan ke ruang angkasa sebelum benar-benar mengirimkan manusia ke ruang angkasa pada tahun 2018. 21 Maret 2013 nanti, Iran juga akan mengirimkan kucing persia ke luar Bumi.


"Astronot-astronot hewan sangat penting untuk pengembangan program ruang angkasa Iran, karena kami dapat mengetahui kelayakan dan keamanan dalam sebuah peluncuran pesawat ruang angkasa," ujar Fazeli.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya