Rakyat Indonesia Kirim Ratusan Hewan Kurban untuk Suriah

Bantuan hewan kurban dari rakyat Indonesia untuk Suriah
Sumber :
  • Facebook/Muh Nurhuda

VIVAnews - Rakyat Indonesia mengirimkan ratusan ekor hewan kurban untuk rakyat Suriah yang saat ini menderita akibat perang. Kurban di kirimkan ke berbagai desa di dua provinsi yang terkena dampak peperangan.

Menurut Ketua Peduli Muslim, Ginanjar Indrajati Bintoro pada VIVAnews, Rabu 16 Oktober 2013, lembaga donasi yang dipimpinnya bekerja sama dengan Yufid dan Radio Rodja berhasil mengumpulkan dana dari masyarakat Indonesia sebesar Rp4 miliar dalam waktu dua bulan.

Dana ini kemudian dibelikan hewan kurban oleh enam sukarelawan dari Indonesia yang diterjunkan langsung ke medan perang. Hewan kurban dibeli dari peternak Arab Badui di Suriah, sedangkan mobil operasional, ambulans dan truk dibeli dari Turki.

Dari dana yang terkumpul Radio Rodja, kata Jati, sebagian dibelikan 8 sapi, 1 unta, dan 159 kambing, dari Peduli Muslim 100 kambing dan Yufid 42 kambing, sebagian lainnya dibelikan logistik, selimut untuk musim dingin, dan bantuan untuk warga. Dibantu penduduk setempat, daging kurban ini dibagikan ke provinsi Idlib dan Lattakia yang jadi korban perang.

"Dagingnya dibagi ke banyak sekali orang. Kami belum bisa menghitungnya sekarang. Bayangkan saja, penduduk 15 desa di Idlib, lalu dilanjut lagi hari ini di Latakkia," kata Jati lagi.

Viral Anak Selebgram Malang Dianiaya Pengasuhnya, Polisi Langsung Tangkap Pelaku

"Pengiriman kurban untuk membantu rakyat Suriah korban perang, agar bisa turut menikmati ibadah Idhul Adha, yang salah satunya adalah menikmati daging kurban. Perang membuat mereka kesulitan untuk membeli hewan qurban," lanjutnya lagi.

Donasi dari rakyat Indonesia juga diberikan bantuan logistik dan selimut untuk menyambut musim dingin. Salah seorang relawan Muhammad Nurhuda dalam akun Facebooknya mengatakan, Idlib berada di ketinggian lebih dari 700 meter, sehingga musim dingin sangat terasa di bulan Desember dan Januari.

"Kota ini kota pegunungan, sehingga di musim dingin akan banyak sekali turun salju. Oleh karena itu, salah satu kota target penyaluran bantuan adalah Idlib," kata Nurhuda dalam salah satu posting statusnya.

Ditembaki Jet Tempur

Diperkirakan, telah lebih dari 100.000 orang tewas dalam peperangan antara pejuang Suriah dan rezim Bashar al-Assad. Agustus lalu, sebanyak 281 orang tewas dan 1.700 lainnya terluka dalam serangan senjata kimia oleh tentara Assad di pinggiran Damaskus.

Dentuman meriam dan serangan dari udara masih terus dilakukan tentara pemerintah di beberapa wilayah. Jati mengatakan, relawan Indonesia hampir menjadi korbannya.

"Saat ini di Suriah masih ada pertempuran. Bahkan mobil relawan kami beberapa hari yang lalu sempat ditembaki pesawat rezim. Namun, insya Allah lokasi para relawan sampai saat ini relatif aman, dan tidak berada di tengah medan perang langsung," kata dia.

Dia mengatakan, Peduli Muslim, Yufid dan Rodja telah memberikan batasan yang jelas pada para relawan, yaitu tidak ikut peperangan secara langsung. "Di samping kami sendiri juga melarang para relawan untuk ikut perang secara langsung, tetapi fokus dalam misi kemanusiaan terhadap korban perang," lanjutnya lagi.

Sebelumnya awal Agustus lalu, relawan Indonesia telah memberikan bantuan makanan hasil donasi dari r. Donasi di situs Peduli Muslim akan terus dibuka sampai perang di Suriah usai dan stabilitas telah terbentuk.

"Penderitaan yang dialami rakyat Suriah, pada hakikatnya adalah penderitaan yang dialami saudara sendiri. Tanpa melihat batas ras dan negara. Kita memiliki tanggung jawab dan solidaritas untuk membantu meringankan penderitaan mereka. Tidak selalu harus dengan harta, tetapi juga dengan doa," ujar Jati dalam wawancara dengan VIVAnews, Agustus silam.Bantuan hewan kurban dari rakyat Indonesia untuk Suriah

Gunung Marapi Kembali Erupsi, Terjadi Hujan Abu Vulkanik dan Ganggu Penerbangan
Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Suara Golkar di Pemilu 2024 Naik Signifikan, Airlangga: Hitungan Kami Dapat 102 Kursi

Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto bersyukur suara yang diperoleh partainya pada Pemilu 2024, naik signifikan. Airlangga berterima kasih ke kader dan para caleg

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024