Mulai Akur, Iran Turunkan Poster Anti AS di Teheran

Poster anti Amerika di Iran
Sumber :
  • Reuters/Morteza Nikoubaz
VIVAnews -
Menakar Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026, Ada Berapa Tahap Lagi?
Pemerintah Teheran di Iran mulai melucuti berbagai poster propaganda anti-Amerika di seluruh kota. Langkah ini dilakukan seiring mulai membaiknya hubungan kedua negara di bawah kepemimpinan Hassan Rouhani.

Pembakar Al-Quran Salwan Momika 'Diusir' dari Swedia, Kini Pindah ke Norwegia

Diberitakan
Jokowi Yakin Indonesia Bisa Dapat 61 Persen Saham Freeport Indonesia, Meski Alot Negosiasinya
Reuters yang mengutip kantor berita
IRNA
, Minggu 27 Oktober 2013, pejabat setempat beralasan berbagai poster dan
billboard
anti Amerika itu diturunkan karena tidak berizin.


Penempelan poster ini telah berlangsung sejak lama, namun sangat jarang sekali diturunkan pemerintah. "Tanpa pengetahuan dan konfirmasi dari pemerintah kota, salah satu institusi memasang
billboard
tersebut," kata juru bicara pemerintah kota Teheran, Hadi Ayyazi.


Tidak disebutkan berapa poster yang telah diturunkan. IRNA melaporkan, poster-poster anti-Amerika baru ditempel di berbagai sudut kota yang sibuk pada pekan lalu. Penempelan poster dilakukan jelang peringatan penyanderaan di Kedutaan Besar AS Teheran 4 November 1979 silam.


Kedua negara juga tengah melakukan perundingan senjata nuklir. Banyak aktivis anti-AS di Iran mengatakan bahwa senjata nuklir hanya akal-akalan AS saja untuk menyerang mereka. Inilah yang berusaha digambarkan dalam salah satu poster.


Poster itu bergambarkan delegasi Iran tengah berdialog dengan pejabat AS yang mengenakan jas. Namun, di bawah jas itu, dia mengenakan celana dan boot tentara. Tulisan besar di poster itu berbunyi: "Kejujuran Amerika."


"Poster ini hanya memperingatkan soal ketidakjujuran Amerika. Karena itu, pencopotannya tidak adil bagi rakyat yang darahnya telah tumpah, dan mereka yang menderita akibat kekejaman Amerika selama lebih dari 30 tahun," tulis editorial Minggu di koran
Kayhan
yang konservatif.


Selama puluhan tahun, coretan dan poster anti Amerika telah menghiasi kota tersebut. Contohnya di lokasi bekas Kedubes AS di Teheran, ada poster bergambarkan Patung Liberty dengan wajah tengkorak.


Hubungan AS dengan Iran perlahan mulai akur di bawah kepemimpinan Presiden Hassan Rouhani yang moderat. Berbeda dengan pendahulunya, Mahmoud Ahmadinejad, Rouhani lebih lunak dan mementingkan diplomasi ketimbang perang urat syaraf. (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya