Penembakan di Bandara Los Angeles, Seorang Tewas

Penembakan di bandara Los Angeles, Amerika Serikat
Sumber :
  • REUTERS/Lucy Nicholson

VIVAnews - Penembakan kembali terjadi di Amerika Serikat. Insiden kali ini terjadi di Bandara Internasional Los Angeles, LAX, Jumat waktu setempat, menewaskan satu orang dan melukai enam orang lainnya.

Diberitakan Reuters, pelaku yang beraksi sendiri menyerang menggunakan senapan serbu. Dia mengincar petugas Badan Keamanan Transportasi AS (TSA). Menurut kesaksian beberapa orang, pelaku yang belakangan diketahui bernama Paul Anthony Cianca, 23, ini menanyakan beberapa orang.

"Apakah kamu TSA?" tanya Cianca. Jika dijawab "bukan", maka dia berlalu.

Belum diketahui bagaimana dia bisa melewati pemindai keamanan bandara. Penembakan terjadi di Terminal 3 di salah satu bandara paling sibuk di dunia itu. Akibatnya, keadaan langsung panik, penumpang berlarian menyelamatkan diri. Beberapa berlindung di balik koper mereka.

Penerbangan juga terpaksa berhenti, pendaratan dialihkan ke bandara lain, jalan menuju bandara juga ditutup, membuat kemacetan sepanjang beberapa kilometer.

Todung Mulya Lubis Ungkap Alasan Sri Mulyani Hingga Risma Dihadiri di Sidang MK

"Seseorang masuk ke Terminal 3 bandara, mengeluarkan senapan serbu dan mulai menembak," kata Patrick Gannon, kepala polisi bandara.

Seorang agen TSA berusia 40 tahun tewas tertembak. Dia adalah agen TSA AS pertama yang tewas saat bertugas. Enam orang terluka, salah satunya adalah agen TSA lainnya yang ditembak berkali-kali, seorang lainnya kritis.

Pelaku sendiri berhasil dilumpuhkan dengan ditembak dan diringkus aparat. Polisi masih terus menyelidiki motif penyerangan pelaku yang merupakan warga Los Angeles ini. Polisi juga menyambangi rumah masa kecilnya di Pennsville.

Bandara kembali beroperasi dua jam kemudian. Kendati telah aman, namun para penumpang masih berkerumun di luar, takut masuk ke dalam. Operasi di beberapa bagian bandara telah normal, namun di masih terbatas di Terminal 3.

LAX adalah bandara tersibuk nomor enam di dunia. Tahun lalu, bandara ini menangani 63 juta penumpang, menurut situs resminya. (ren)

Ketua DPRD Kota Bogor Atang Trisnanto. Muhammad AR/VIVA

Ketua DPRD Kota Bogor Dorong Pemerintah Beri THR Lebaran bagi Warga Terdampak Bencana

Ketua DPRD Kota Bogor mendorong agar pemerintah setempat memberi bantuan semacam "THR Lebaran" bagi 1.134 warga terdampak bencana tiga bulan terakhir ini.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024