Pensiun, Anjing Polisi di Inggris Diberi Tunjangan Rp27 Juta

Anjing polisi.
Sumber :
  • Dailymail

VIVAnews - Kepolisian Nottinghamshire, Inggris berencana untuk membuat skema dana penisun bagi para anjing polisi ketika mereka tak lagi bertugas. Nilai dana pensiun yang diberikan pun cukup besar yakni 1.500 Poundsterling atau Rp27 juta. 

Indonesian Students Victim of Germany Human Trafficking Mostly In Debt

Laman Dailymail, Selasa 5 November 2013 melansir, dana pensiun sebesar itu akan mencakup biaya perawatan bagi anjing terlatih termasuk tagihan dokter hewan, vaksinasi, biaya kandang, dan makanannya. Agar dapat memenuhi biaya pensiun itu, Kepolisian Nottinghamshire mengaku akan membayarkan senilai 500 Poundsterling atau Rp9,1 juta per tahun selama tiga tahun. 

Rencana ini akan mulai diberlakukan bulan depan dan diperuntukkan bagi 26 anjing polisi. Total dana yang dibutuhkan untuk dana pensiun hewan mamalia itu yakni 39 ribu Poundsterling atau Rp710 juta. 

KPU Sebut Gugatan Ganjar-Mahfud yang Singgung Jokowi Salah Sasaran

Menurut Kepala Komisioner Polisi dan Kejahatan Nottinghamshire, Paddy Tipping, rencana ini sudah menjadi prinsipnya untuk saling menjaga rekan kerja. 

"Kita semua harus menjaga siapa pun rekan kerja kita. Apalagi, rekan kita itu pernah menjadi petugas polisi, sehingga dana pensiun yang layak juga penting bagi anjing," ujar Tipping.

Sopir Truk Penyebab Kecelakaan di GT Halim Ternyata Masih Anak-anak, Bos Akan Diperiksa

Lagipula, lanjut Tipping, anjing-anjing ini sudah bekerja keras untuk polisi dan mereka pun juga petugas polisi yang memiliki hak. 

"Anjing-anjing ini rela mengabdi dan memberikan yang terbaik dalam melindungi publik. Sehingga dengan senang hati saya menyetujui sebuah skema yang memastikan adanya bantuan medis usai mereka tak lagi bertugas," imbuhnya. 

Setiap tahunnya ada enam anjing polisi yang pensiun usai mereka memberikan kemampuan terbaik. Biasanya, usai tak lagi bekerja, maka dia akan dijadikan hewan peliharaan oleh polisi yang bekerja bersamanya.

Menurut Tipping, sangat memberatkan apabila petugas polisi yang telah memelihara anjing itu, kemudian diharuskan juga membiayai dana pensiunnya. 

Rasa hutang budi dirasakan betul oleh seorang petugas polisi bernama Matt Rogers. Nyawanya pernah diselamatkan oleh anjing yang juga menjadi mitra kerjanya, Rossi, pada November 2012 silam. 

Saat itu, anjing jenis shepherd asal Belgia tersebut rela melompat setinggi 2,4 meter dan merebut sebuah kapak milik penjahat yang coba dia tangkap. Rogers mengatakan Rossi akan pensiun dalam kurun waktu satu tahun, setelah menghabiskan seumur hidupnya di Kepolisian Nottinghamshire dan bantu menangkap ratusan kriminal. 

"Saya senang dan merasa pemberian dana pensiun adalah hal yang benar. Sebagai sebuah organisasi yang bekerja sama dengan hewan, maka kami perlu menjadi contoh," imbuhnya. 

Namun, rencana itu menuai penolakan dari warga. Mereka keberatan dana dari pajak yang mereka bayar harus digunakan untuk membiayai dana pensiun anjing polisi. 

Tipping menanggapinya dengan santai. Dia menyebut, sebelum mengklaim dana pajak yang dibayarkan hanya akan dibuang-buang begitu saja demi seekor anjing, maka warga harus mengingat bahwa anjing-anjing itu turut menjaga keamanan dan keselamatan nyawa publik. 

Selain Kepolisian Nottinghamshire, di tahun 2009 silam, Kepolisian Cambridgeshire, juga sudah mengumumkan adanya pengumpulan dana serupa untuk anjing polisi. (one)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya