15-11-2002: Hu Jintao Memimpin China

Hu Jintao
Sumber :
  • REUTERS/Jim Bourg
VIVAnews
Mobil Konsep Ini Bikin Penumpang Berasa di Kamar Hotel
- Pada sebelas tahun lalu, Hu Jintao diangkat menjadi Sekretaris Jenderal Partai Komunis, yang merupakan posisi puncak dalam dunia politik di China. Tak lama setelah diangkat menjadi Sekjen Partai Komunis, Hu dilantik menjadi presiden China, menggantikan era Jiang Zemin.

Libur Lebaran, The Jungle Bogor Siapkan Banyak Promo dan Hadiah

Menurut stasiun berita
Konflik Israel-Iran, Kemlu: Tidak Ada Informasi WNI yang Terdampak
BBC , karir politik Hu Jintao dimulai sejak ia bergabung dengan Partai Komunis pada tahun 1964. Pada tahun 1980, Hu terpilih sebagai salah satu kader muda Komunis yang akan dididik menjadi pemimpin masa depan Cina.


Setahun kemudian, Hu Jintao mulai menjalani serangkaian pelatihan di Beijing. Pada tahun 1982, ia diangkat menjadi sekretaris Komite Pusat Liga Pemuda Komunis.


Dua tahun kemudian Hu dipromosikan sebagai Sekretaris Pertama organisasi tersebut. Pada tahun 1992, Hu diangkat oleh Deng Xiaoping sebagai pemimpin Biro Politik Komite Pusat


Pada tahun 2002, seluruh pemimpin senior Cina di Komite Pusat mengundurkan diri, menjadikan Hu satu-satunya calon kuat pemimpin baru Cina.


Di tahun yang sama, Hu diangkat sebagai Sekjen Komite Pusat Partai Komunis Cina.  Setahun kemudian, Hu Jintao dinobatkan sebagai presiden Cina menggantikan Jiang Zemin.


Hu telah memimpin China selama sepuluh tahun. Dia dan pimpinan lain China, termasuk Perdana Menteri Wen Jiabao, pada 2012.


Posisi Hu digantikan oleh Xi Jinping, baik sebagai Sekjen Partai Komunis maupun Presiden China. Selama sepuluh tahun memimpin, Hu dan pemerintahannya berhasil membawa China menjadi kekuatan ekonomi nomor dua dunia. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya