Masjid Pertama Akan Didirikan di Athena

Warga Muslim Athena shalat di gedung bukan masjid
Sumber :
  • Reuters
VIVAnews -
Instruksi Irjen Karyoto ke Jajarannya Pastikan Rangkaian Perayaan Paskah Kondusif
Muslim di Athena, Yunani, sebentar lagi bisa beribadah di masjid. Pemerintah Athena akhirnya mengumumkan pembangunan masjid pertama di kota itu setelah direncanakan sejak 13 tahun lalu.

Pilkada Serentak 2024 Diusulkan Ditunda, Ini Sejumlah Pertimbangannya

Seperti diberitakan
Momen Bersejarah, Al Quran Berbahasa Gayo Hadir Memperkuat Identitas dan Budaya Aceh
Al-Arabiya pekan ini, pemerintah Yunani Kamis lalu mengumumkan telah membentuk konsorsium pembangunan masjid. Pembangunannya akan memakan biaya hingga 946.000 euro atau lebih dari Rp14,6 miliar.


Masjid akan dibangun di lahan bekas militer seluas 600 meter persegi. Berbeda dengan masjid lainnya, bangunan ini dibangun tanpa menara. Diperkirakan, proyek ini akan rampung dalam waktu enam bulan sejak kontrak ditandatangani.


Sebenarnya, pembangunan masjid di Athena telah diumumkan sejak 2000, menjelang Olimpiade Athena 2004. Namun, rencana ini mendapat penentangan dari Gereja Ortodoks Yunani. Warga negara ini 90 persennya adalah umat Kristen.


Walaupun belum memiliki masjid, warga Muslim Athena yang kebanyakan imigran dari berbagai negara, seperti Pakistan, menjadikan beberapa gedung sebagai tempat salat berjamaah.


Pada 2011, pemerintah Yunani menandatangani peraturan yang memastikan pembangunan masjid. Kontrak tender pertama dalam peraturan disebut akan dilakukan pada musim panas 2013.


Rencana ini molor setelah lima kali tender gagal, menyusul belum pastinya lokasi masjid. Ditambah lagi, protes dari kelompok ekstrem sayap kanan, seperti Golden Dawn.


Satu-satunya masjid resmi di Yunani bisa ditemukan di wilayah Thrace, timur laut Yunani. Di lokasi ini banyak tinggal kelompok minoritas Muslim Turki. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya