Kantor Polisi China Diserang, 11 Tewas

Polisi China di Beijing
Sumber :
  • VIVAnews/Denny Armandhanu
VIVAnews -
Rusia Sebut AS Buru-buru Tuduh ISIS Atas Serangan Gedung Konser di Moskow
Kepolisian China menembak mati sembilan orang yang menyerang kantor polisi di Provinsi Xinjiang. Dalam insiden itu, dua polisi ikut tewas.

Ekspansi Perusahaan Musik Terkemuka Asia Tenggara Diresmikan di Indonesia

Seperti dikutip dari laman
Penampilan Makin Sopan, Nikita Mirzani Ternyata Diawasi Rizky Irmansyah
BBC, insiden ini terjadi Sabtu 16 November 2013 waktu setempat. Sembilan penyerang itu datang bersenjata kampak dan menyerang petugas polisi yang tengah bekerja. Dua polisi tewas dan dua polisi lainnya terluka setelah pertikaian di Bachu, dekat Kota Kashgar itu.


Ini bukan kasus kekerasan pertama di Xinjiang, daerah yang mayoritas didiami warga muslim Uighurs. Kasus pertikaian antara kelompok warga dengan petugas keamanan China telah beberapa kali terjadi di wilayah tersebut.


China selalu menyalahkan kelompok separatis sebagai pelaku kekerasan di wilayah itu dan juga yang terjadi bulan lalu di Beijing.


Klaim yang diragukan

Dalam insiden bulan lalu di Lapangan Tianamen, Beijing, lima orang dilaporkan tewas saat sebuah mobil menabrak kerumunan orang yang tengah berkumpul di kawasan itu. Pemerintah China menuding kelompok separatis, Gerakan Islam Turkestan Timur (ETIM) ada di balik insiden ini.


ETIM selama ini selalu menjadi pihak yang disalahkan dalam sejumlah insiden kekerasan di Xinjiang. Namun wartawan
BBC
di Beijing mengatakan hanya sedikit orang yang percaya bahwa kelompok ini mempunyai kapasitas untuk melakukan aksi teror di China.


Sejumlah kelompok di Uighur mengklaim pernyataan Pemerintah China yang selalu menyalahkan ETIM merupakan alasan agar bisa menerapkan kebijakan represif di Xinjiang.


Saat ini ada sekitar sembilan juta warga Uighur tinggal di Provinsi Xinjiang, namun dominasi mereka di sana terus berkurang. Warga China dari etnis Han saat ini mendominasi Xinjiang baik secara politis dan ekonomi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya