Bantuan untuk Korban Topan Haiyan Mulai Berdatangan

Kota Tacloban di Filipina hancur dihantam topan.
Sumber :
  • REUTERS/Erik De Castro

VIVAnews - Warga Filipina yang menjadi korban Topan Haiyan, khususnya di kota Guiuan bisa bernafas lega. Karena bantuan kemanusiaan yang selama ini mereka nantikan akhirnya datang.

Bukan Dibakar, Begini Cara Buktikan Keaslian Madu Murni

Pesawat militer Filipina C-130, pesawat militer Amerika Serikat, dan beberapa pesawat pribadi secara bergantian mendarat di Bandara Guiuan pada Sabtu, 16 November 2013 untuk mendistribusikan bantuan dan menjemput warga.

Harian Inquirer melaporkan, warga sengaja dijemput untuk dievakuasi ke tempat yang lebih aman. Menurut Wali Kota Guiuan, Christopher Gonzales, bantuan sebenarnya sudah berdatangan sejak Jumat lalu.

"Guiuan telah menjadi kota penghubung untuk mendistribusikan bantuan ke kota di sekitarnya," kata Gonzales.

Selama tak menerima bantuan, warga kota Guiuan harus bertahan hidup dengan mencari makanan atau air. Untuk bertahan hidup, warga sempat menjarah toko-toko demi mencari makanan, minuman, dan obat.

Wakil Ketua DPD Mahyudin Harap Keberhasilan Timnas Indonesia U-23 Memotivasi Anak Muda Bangsa

Pasalnya, bantuan dari Pemerintah Pusat baru dikirim empat hari setelah Filipina bagian tengah diterjang topan dahsyat itu. Menurut seorang pejabat berwenang, sekitar 120 orang personel tambahan dari Kepolisian Nasional Filipina tiba di kota Guiuan, Selasa pekan lalu, untuk mengamankan area tersebut.

Kendati bantuan lama diterima warga Guiuan, Gonzales tidak menyalahkan Pemerintah Pusat. "Kami memahami, tidak hanya Guiuan saja lokasi yang terkena amukan topan. Tidak ada satu pun orang yang disalahkan. Yang terpenting saat ini, bantuan dari pihak luar sudah kami rasakan," ujar Gonzales.

Selain itu, lanjut Gonzales, Pemerintah Kota pun terkendala bahan bakar yang minim untuk mengantarkan bantuan yang telah menumpuk di bandara kepada warga.

"Kami kehabisan bahan bakar bensin. Apa manfaatnya bantuan tersebut, apabila kami tidak dapat mendistribusikannya kepada kepala keluarga yang membutuhkan?" tanya Gonzales.

Berbagai bantuan

Istri Ungkap Kondisi Terkini Parto Patrio Usai Jalani Operasi

Salah satu bantuan yang telah tiba diberikan oleh organisasi Dokter Tanpa Batas (MSF). Dalam siaran pers yang diterima VIVAnews, perwakilan MSF menyebut timnya sudah tiba di beberapa lokasi terpencil, termasuk Guiuan.

Mereka datang dengan tim lengkap dan mulai memberikan layanan medis kepada sebanyak mungkin penduduk yang membutuhkan. Perwakilan MSF mengaku sulit untuk menjangkau Guiuan. Mereka menggunakan pesawat dan menemukan situasi di kota itu masih sangat suram.

Di saat yang bersamaan, pada Sabtu kemarin, sekitar 200 warga berdiri di luar Bandara Guiuan agar bisa diangkut menuju Manila. Peristiwa serupa juga terjadi di kota Tacloban. Ribuan pengungsi berharap dapat segera masuk ke dalam pesawat.

Bahkan, antrean mengular pada malam hari dan dalam situasi hujan walau jumlahnya tidak sebanyak pagi hari. Hal ini lantaran pesawat tetap beroperasi di malam hari, sehingga distribusi bantuan tetap berjalan efisien.

"Kami ingin tetap hidup dan harus bertahan," ujar salah seorang pengungsi bernama Mylene Kakatimbang.

Tentara militer Filipina pun terpaksa ikut basah terguyur hujan demi memberikan makanan bagi warga yang mengantre di bandara. Sementara itu, kapal induk AS, USS George Washington, mulai tiba di Filipina, Kamis lalu. Mereka tiba dengan membawa lima ribu kru dan lebih dari 80 pesawat. Para pelaut AS mengaku telah membawa makanan dan air ke daratan kota Tacloban dan Guiuan.

Hingga hari ini, total korban tewas akibat Topan Yolanda terus bertambah dan angkanya mencapai 3.681 orang. Informasi itu diperoleh dari Dewan Pengelolaan dan Pengurangan Risiko Bencana Nasional (NDRRMC) pada Minggu, 17 November 2013.

Juru Bicara NDRRMC, Reynaldo Balido Jr, menginformasikan selain korban tewas, juga terdapat 12.544 orang yang terluka dan 1.186 warga yang dilaporkan masih hilang. (one)

Dude Harlino dan Alyssa Soebandono Menyambut Anggota Keluarga Baru

Terpopuler: Artis Keturunan Darah Biru sampai Proses Kelahiran Anak Perempuan Alyssa Soebandono

Round-up dari kanal Showbiz pada Kamis, 25 April 2024. Salah satunya tentang cerita dari prosesi kelahiran anak perempuan pertama Alyssa Soebandono.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024