Ini Penyebab Pesawat Rusia Meledak Saat Mendarat

Pesawat Tatarstan Airlines meledak
Sumber :

VIVAnews - Sebuah pesawat Boeing jenis 737-500 meledak saat mendarat keras di Bandara Internasional Kazan di kota Kazan, Rusia, pada Sabtu, 16 November 2013. Akibat kecelakaan itu, sebanyak 44 penumpang dan enam kru di pesawat tewas.

Ada beberapa faktor yang diduga menjadi penyebab kecelakaan tragis itu. Juru Bicara Kementerian Darurat Irina Rossius menyatakan pesawat mencoba mendarat beberapa kali, sebelum akhirnya mengalami kecelakaan.

Profil Dio Novandra, Pacar Megawati Hangestri yang Dikenalkan ke Para Pemain Red Spark

"Namun, salah satu tanki bahan bakarnya meledak ketika pesawat mendarat," ungkap Rossius, seperti dikutip dari laman Russian Today (RT), Minggu 17 November 2013.

Sementara itu, Komite Investigasi juga meyakini, salah satu faktor terjadinya kecelakaan itu adalah bahan bakar pesawat berkualitas rendah. "Oleh sebab itu, kami akan meminta contoh bahan bakar yang digunakan untuk pesawat itu ketika berada di Moskow," ujar seorang pejabat senior Komite Investigasi kepada kantor berita ITAR-TASS.

Seorang sumber layanan medis mengatakan kepada kantor berita Interfax, pilot nampaknya membuat beberapa kesalahan ketika mencoba mendarat untuk kali kedua. Sementara Kepala Komite Investigasi Vladimir Markin menduga ada kesalahan teknis dan kondisi cuaca yang jadi penyebab kecelakaan. Berdasarkan laporan cuaca, saat itu angin bertiup kencang dan langit mendung, sedangkan suhu di bandara berada di bawah nol derajat.

Tetapi dugaan cuaca dibantah oleh Badan Layanan Federal untuk Hidrometeorologi dan Pemantauan Lingkungan Rusia. Menurut salah satu pegawainya, kondisi cuaca pada Sabtu kemarin sangat mendukung untuk pendaratan pesawat.

"Jarak pandang mencapai lima ribu meter, sementara landasan bandara kering. Anda tidak akan menemukan kondisi pendaratan yang lebih baik dari ini," ujar seorang pegawai dari institusi tersebut.

Sumber lainnya yang berasal dari kru melaporkan, 500 meter sebelum pesawat menyentuh landasan bandara, mesin tidak siap untuk aksi pendaratan.

Seluruh dugaan itu akan dibuktikan dengan adanya pemeriksaan resmi yang dimulai hari Senin ini.

Tanggapan maskapai
Juru bicara maskapai Tatarstan, Gulnaz Minnikhanova mengatakan, pesawat mengalami kecelakaan ketika berusaha melakukan pendaratan kali kedua. "Namun penyebab kecelakaan hingga kini masih terus diselidiki," ujar Minnikhanova. 

Dia menambahkan pesawat Boeing 737-500 dengan nomor ekor VQ-BBN dibuat tahun 1990. Maskapai Tatarstan membeli burung besi itu pada Desember 2008 lalu. Minnikhanova memastikan pesawat selalu melalui pengecekan rutin. Bahkan, baru-baru ini telah melalui proses pemeriksaan.

Perusahaan Maskapai Tatarstan menjanjikan memberikan santunan kepada seluruh korban tewas, masing-masing senilai US$93.700 atau setara Rp1 miliar.

Pesawat dengan nomor penerbangan U363 itu diketahui berangkat dari Bandara Domodedovo, Moskow. Menurut Pusat Medis dan Bencanan Tatarstan, tim penyelamat telah berhasil menemukan ke-50 jenazah korban tewas dari lokasi kecelakaan. Kini, mereka tengah mencari kotak hitam pesawat yang menyimpan data penerbangan pesawat.

Sementara di lokasi kecelakaan, seorang dokter dari tim penyelamat, menggambarkan pesawat tersebut sudah tak lagi berbentuk. "Yang tersisa hanyalah abu dan puing-puing dari pesawat setelah meledak," kata dokter itu.

Jenis pesawat itu sangat populer untuk penerbangan menengah dengan menggunakan mesin jet ganda. Untuk jenis 737-500 memiliki kapasitas mulai dari 108 hingga 132 penumpang dan dua kokpit bagi anggota kru kabin.

Namun, ini bukan kali pertama Maskapai Tatarstan mengalami permasalahan. Tahun 2012 lalu, pesawat melakukan pendaratan darurat di bandara yang sama.

Saat itu pesawat hendak menuju ke Ibu Kota Moskow, namun tiba-tiba mendarat darurat. Hal itu lantaran 20 menit setelah mengudara, sensor alarmnya berbunyi akibat tekanan udara di dalam ruang kabin tiba-tiba menurun. Beruntung, ke-78 penumpangnya tidak terluka sama sekali. (eh)

Harga Gula Meroket, Ini Kata Kadis Perindag ESDM Sumut
Rowoon

Rowoon Ungkap Alasan Keluar dari SF9 dan Fokus di Akting Sebagai Aktor

Rowoon eks anggota SF9 baru-baru ini akhirnya mengungkapkan alasan di balik keputusannya untuk meninggalkan grup idola tersebut dan beralih fokus ke dunia akting. 

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024