Menlu Australia: Kami Catat Keprihatinan Indonesia

Sorot Indonesia Disadap
Sumber :
  • ANTARA
VIVAnews -
Sambil Menangis, Tyas Mirasih Ungkap Kebaikan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina
Menteri Luar Negeri Australia Julie Bishop menolak berkomentar banyak mengenai kabar negaranya menyadap sejumlah pejabat tinggi Indonesia, termasuk Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Namun, dia yakin Australia dan Indonesia bisa menyelesaikan ketegangan ini.

Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran, Jangan Lupa Pasang CCTV

Berbicara di New Delhi, Senin malam, 18 November 2013, Bishop mengaku negaranya sangat memperhatikan perasaan Indonesia soal rezim spionase Australia. Menurut laman
Pimpinan Golkar di Daerah Minta Airlangga Dipilih secara Aklamasi di Munas, Menurut Sekjen
The Sydney Morning Herald, Menteri Luar Negeri Indonesia Marty Natalegawa mencoba menghubungi Bishop. Namun, Bishop tidak mengkonfirmasi apakah ada pembicaraan di antara mereka.


“Kami tentu memperhatikan kekhawatiran Pemerintah Indonesia. Kami catat keprihatinan mereka. Tapi, Pemerintah Australia tidak pernah mengomentari urusan intelijen. Dan, saya mempertahankan prinsip dan praktik ini," kata dia.


Meski Indonesia sudah menarik duta besar mereka untuk Australia dan menuntut permintaan maaf, Bishop juga mengatakan tidak akan memberikan "komentar-komentar" dalam barisan diplomatik negaranya.


Laman berita
SMH
menilai kerja sama dengan Indonesia sangat krusial bagi Pemerintah koalisi Australia yang terbilang baru itu. Peran Indonesia penting, terutama, untuk mencegah kapal-kapal pencari suaka. Dan ini adalah janji kunci kampanye pemerintah.


Bishop menambahkan, pihaknya menghargai kerjasama kedua negara dan Pemerintah di bawah PM Tony Abbott berjanji akan terus memperkuat kerjasama tersebut. "Saya kira ada kepentingan kedua negara. Saya akan memastikan kerjasama dua negara terus berkembang. Kami menyadari keprihatinan mereka dan kami akan serius menanggapinya. Tapi, saya tidak akan memberi komentar soal itelijen," imbuhnya.


Dalam kesempatan itu, Menteri Urusan Luar Negeri India Salman Kurshid juga ditanya apakah dia khawatir Australia menyadap negaranya. Dia menjawab, “Kami akan meneken kerja sama nuklir. Kerjasama ini bukan sesuatu yang terjadi di antara dua negara yang tidak percaya satu sama lain."


Namun, dia yakin Australia dan Indonesia akan menemukan solusi untuk memecah ketegangan ini.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya