Gempa Guncang Wilayah Dekat Fasilitas Nuklir Iran

Anak-anak korban gempa di Iran bagian barat laut 13 Agustus 2012
Sumber :
  • REUTERS/Farshid Tighehsaz/ISNA
VIVAnews -
Freeport Boss Meets Jokowi to Discuss Mining Contract Extension
Gempa berkekuatan 5,6 skala richter mengguncang wilayah dekat fasilitas nuklir Iran di kota Bushehr pada Kamis sore waktu setempat. Gempa menewaskan sedikitnya delapan orang dan melukai 59 lainnya.

Hadiri Buka Puasa Partai Golkar, Prabowo-Gibran Duduk Semeja dengan Airlangga

Diberitakan Kantor Berita
Jumat Agung, Presiden Jokowi Ajak Resapi Makna Pengorbanan Yesus Kristus
Fars yang dikutip
CNN
, sebanyak 12 orang korban luka berada dalam keadaan kritis, seperti disampaikan Hassan Qadami kepala Markas Manajemen Krisis Iran. Fasilitas reaktor nuklir di kota itu dilaporkan tidak mengalami kerusakan dan masih dalam keadaan aman.


Menurut Badan Geologi AS, pusat gempa terletak di sekitar 63 kilomater sebelah timur laut Bushehr, dan 14 kilometer timur laut Borazjan. Gempa ini terhitung dangkal, yaitu 16,4 km sehingga menimbulkan banyak kerusakan pada rumah warga.


Gempa yang terjadi pada pukul 17:21 waktu setempat ini merusak rumah-rumah di Borazjan dan mematikan aliran listrik. Kantor berita
Mehr
menuliskan, warga yang berlarian keluar rumah takut kembali ke kediaman mereka, khawatir terjadi gempa susulan.


Presiden Iran Hassan Rouhani mengatakan bahwa dia "sangat sedih" mendengar jatuhnya korban dan menyatakan belasungkawa pada keluarga mereka yang tewas. Tim penyelamat telah diturunkan ke lokasi.


Iran terletak di atas patahan besar, membuat negara itu rawan gempa. Sebelumnya Mei lalu, Bushehr juga diguncang gempa sekuat 6,3 skala richter yang menewaskan 39 orang dan melukai 859 lainnya.


Agustus tahun lalu, dua gempa berkekuatan 6,4 dan 6,3 SR mengguncang wilayah barat laut Iran, menewaskan sedikitnya 306 orang. Tahun 2003 lalu, kota Bam di tenggara Iran juga digoyang gempa 6,6 SR, menewaskan 31.000 orang.


Jumlah korban terbanyak terjadi pada gempa tahun 1990 di provinsi Gilan dan Zanjan, yaitu 50.000 orang. (sj)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya