Seorang WNI Diduga Tewas Saat Berperang di Suriah

Abu Muhammad, WNI yang diduga tewas karena ikut berperang di Suriah
Sumber :
  • Akun Twitter brigade Shuqurul Iz

VIVAnews - Seorang warga negara Indonesia yang ikut bergabung dalam brigade jihad diduga tewas di Suriah. Informasi ini didapatkan dari Twitter salah satu brigade jihad di Suriah.

Dalam akun twitternya, brigade Shuqurul Iz, mempublikasikan daftar orang yang gugur dalam pertempuran di Ghouta, pinggiran Damaskus, hari Minggu lalu. Pertempuran kali itu untuk menerobos pengepungan tentara rezim Bashar al-Assad.

Nama teratas tertulis Abu Muhammad al Indunisiy. Berikutnya, brigade ini dalam Twitternya memasang satu per satu foto para korban yang tewas. Abu Muhammad diduga berasal dari Indonesia.

Dalam keterangan fotonya, brigade ini menuliskan, "Syahid_Abu Muhammad_dari Indonesia_pria pendiam yang banyak berdiri di hadapan Tuhannya, gemar membaca kitab, dan selalu di garis depan pertempuran."

Saat dimintai konfirmasi, Direktorat Perlindungan Warga Negara Indonesia di Kementerian Luar Negeri mengaku masih mencari informasi soal hal ini.

MK Tolak Seluruh Gugatan Anies dan Ganjar, La Nyalla: Mari Lupakan Pertikaian, Kembali Guyub

"Kami belum mendapat konfirmasi mengenai hal ini. Sedang kami cek dulu," kata Direktur Perlindungan WNI Kemlu Tatang Razak kepada VIVAnews, Jumat 29 November 2013.

Namun Tatang membenarkan bahwa banyak warga Indonesia yang ikut berperang di Suriah. Menurut informasi dari pejabat pemerintah setempat, kata Tatang, jumlahnya bahkan mencapai puluhan orang. Mereka diduga bergabung dengan beberapa brigade tempur.

"Menurut informasi ada sekitar 50an orang. Tapi identitas mereka tidak diketahui. Karena ketika minta datanya dari masyarakat setempat, mereka tidak memberikannya," kata Tatang.

Wilayah Ghouta adalah salah satu wilayah terparah terkena dampak perang di Suriah yang kini memasuki tahun ketiga. Pasukan Assad mengepung tempat ini, membuat warga tidak bisa keluar masuk. Makanan dan obat-obatan menipis sementara korban tewas dan luka meningkat.

Ulama setempat sampai terpaksa mengeluarkan fatwa -haram dalam Islam- demi mengatasi rasa lapar. Menurut laporan PBB, korban tewas di Suriah telah melampaui 100.000 orang, ribuan di antaranya adalah wanita dan anak-anak. (eh)

Wapres terpilih Gibran Rakabuming Raka

Gibran: Terima Kasih Pak Ganjar dan Pak Anies

Calon Wakil Presiden (cawapres) 2024 terpilih, Gibran Rakabuming Raka menyampaikan terima kasih kepada pasangan capres-cawapres nomor urut 1, Anies Baswedan dan Muhaimin

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024