Helikopter Polisi Jatuh Timpa Klub Malam di Skotlandia

Kecelakaan Helikopter Di New York
Sumber :
  • REUTERS/Kena Betancur

VIVAnews - Sebuah helikopter jatuh di klub malam Clutha di Jalan Stockwell, Glasgow, Skotlandia, pada Jumat malam kemarin, 29 November 2013. Helikopter yang diduga milik polisi tersebut mengangkut tiga orang, termasuk polisi sipil. 

Jokowi Tegaskan Freeport Bukan Milik Amerika Lagi, tapi Indonesia

Kantor berita BBC, Sabtu 30 November 2013, melaporkan belum mengetahui dengan jelas nasib ketiga orang tersebut paska helikopter yang membawa mereka jatuh. Jumlah korban diprediksi semakin terus bertambah, lantaran saat peristiwa terjadi pukul 22.25 malam, klub Clutha tengah dipadati pengunjung. 

Sebuah band beraliran musik Ska, Esperanza, tengah tampil menghibur pengunjung. Menurut laporan BBC, sekitar 120 orang tengah berada di dalam klub tersebut. 

KPK Ungkap Masih Ada 6 Menteri dan 3 Wakil Menteri Jokowi Belum Lapor LHKPN

Ditemukan banyak korban, namun hingga saat ini polisi belum dapat mengkonfirmasi adanya korban tewas. Beberapa orang hingga saat ini masih terjebak di dalam klub. 

Petugas Layanan Penyelamatan dan Pemadam Kebakaran Skotlandia mengatakan tengah menurunkan para ahli untuk menyelamatkan korban dari lokasi kejadian. Selain itu sudah terdapat 125 petugas yang berusaha membawa korban keluar dari klub. 

Saham Berdividen, Pilihan Terbaik untuk Investor Konservatif

"Para petugas kami saat ini tengah bekerja keras, karena ini merupakan lingkungan yang sulit dan kompleks bagi mereka," ujar Asisten Kepala Petugas Layanan Penyelamatan dan Pemadam Kebakaran,  Lewis Ramsay. 

Menurut Ramsay, saat ini lokasi gedung itu sangat tidak stabil, sehingga keamanannya tidak terjamin. "Sangat sulit untuk mengetahui berapa jumlah korban yang masih berada di dalam klub," kata dia. 

Ramsay mengaku telah berkomunikasi dengan beberapa korban yang masih terjebak di dalam klub. 

"Kami kini berusaha untuk memastikan bahwa bangunan tersebut aman untuk mengeluarkan korban dari sana. Mereka tidak saja bekerja di luar gedung, tetapi juga berusaha masuk ke dalam," imbuh dia.

Helikopter tersebut sudah dipastikan milik polisi. Dari gambar yang berhasil diperoleh media menunjukkan dari reruntuhan bangkai helikopter alat transportasi itu berwarna biru tua dan tulisan "polisi" di bagian ekor. 

Ekor helikopter terlihat masih menganga di atap klub itu. Hal itu juga sudah dipastikan oleh Juru Bicara Polisi Skotlandia. 

"Polisi Skotlandia sudah dapat memastikan bahwa helikopter yang jatuh tadi malam di Glasgow, milik mereka. Sebuah peristiwa kecelakaan besar terjadi setelah Eurocopter EC135 T2 yang membawa tiga orang jatuh di sebuah klub di Jalan Stockwell," ujar Jubir tadi. 

Namun, Jubir tadi mengatakan, Polisi Skotlandia tidak berwenang untuk memberikan informasi terkait korban luka. Polisi tetap memberikan nomor kontak bagi publik yang merasa anggota keluarga berada di Klub Clutha pada Jumat malam kemarin. 

Mereka dapat mengontak Biro Korban Polisi Skotlandia di nomor 0800 092 0410.

Informasi soal kecelakaan itu pun turut didengar Perdana Menteri Inggris, David Cameron. Melalui Twitternya, Cameron menulis rasa duka mendalam atas kecelakaan itu. 

"Doa saya selalu menyertai siapa pun yang terkena dampak jatuhnya helikopter di Glasgow. Layanan evakuasi dan penyelamatan tengah bekerja keras sejak semalam," tulis Cameron di Twitter. 


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya