Helikopter Timpa Klub Malam, 2 Polisi Ikut Tewas

helikopter jatuh di pub Skotlandia
Sumber :
  • Reuters

VIVAnews - Polisi Skotlandia mengumumkan pada Sabtu, 30 November 2013 sore waktu setempat bahwa delapan orang tewas akibat peristiwa helikopter polisi yang jatuh dan menimpa Klub Malam Clutha. Selain itu, 32 orang lainnya mengalami luka, dengan 14 orang di antaranya menderita luka sangat serius.

Dua polisi yang ada di helikopter itu dipastikan tewas bersama seorang pilot sipil. Sementara itu, salah satu korban tewas dari 18 orang itu diketahui bernama Gary Arthur. Hal itu diumumkan oleh Kepala Polisi Skotlandia, Stepthen House, dalam sebuah jumpa pers, demikian dilaporkan BBC.

Polisi, ujar House, masih akan terus berada di lokasi dan melakukan investigasi. "Ini merupakan sebuah operasi penyelamatan yang berkelanjutan dan kompleks. Prosesnya sangat sulit dan dilakukan di lokasi yang berbahaya," ungkap House.

Tidak Fokus Berkendara, Pengendara Motor Tabrak BMW Seri 5

Demi mempermudah pengusutan, polisi setempat membutuhkan potongan rekaman video apa pun yang mungkin terekam oleh publik. Potongan rekaman video itu dapat dikirim melalui email: glasgowhelicopterincident@scotland.pnn.police.uk

Kantor berita BBC juga melansir korban luka dirawat di beberapa rumah sakit antara lain RS Kerajaan Glasgow, RS Western, dan RS Victoria. Menurut Direktur Medis di NHS Greater Glasgow dan Clyde, Jennifer Armstrong, sebanyak 18 orang yang terluka, kini tengah dirawat. Sebagian di antara mereka sudah boleh meninggalkan RS.

"Luka utama yang kami lihat pada korban yaitu di bagian dada, kepala, patah tulang, dan terbaret," ujar Armstrong.

Selain itu, bagi mereka yang ingin mengetahui informasi soal korban yang berada di dalam klub, dapat menghubungi nomor Biro Korban Polisi Skotlandia: 0800 092 0410. 

Polisi pun sudah memastikan bahwa helikopter yang jatuh dan menimpa Klub Malam Clutha, milik kepolisian. Jenis helikopter tersebut yaitu Eurocopter dengan mesin ganda EC135 T2.

Dalam sebuah pernyataannya, perwakilan perusahaan Eurocopter, menyebut para ahlinya sudah berada di lokasi untuk mendukung proses investigasi.

"Sebuah tim investigasi kecelakaan dari Eurocopter dalam perjalanan untuk membantu Tim Investigasi Peristiwa Kecelakaan Udara Inggris dan juga tim dari Jerman (BFU). Tujuannya untuk membantu mengungkap penyebab dari kecelakaan tersebut," tulis perwakilan Eurocopter dalam sebuah pernyataan.

Peristiwa itu terjadi pada Jumat, 29 November 2013 pukul 22.30 malam waktu setempat. Diperkirakan 120 pengunjung tengah memadati Klub Clutha saat insiden terjadi. Mereka sedang dihibur oleh penampilan band beraliran ska, Esperanza. (art)

Azizah Salsha dan Pratama Arhan

Viral Curhat Pratama Arhan ke Azizah Salsha Usai Timnas U-23 vs Australia Bikin Gemes Netizen

Usai pertandingan tersebut, ternyata Pratama Arhan langsung curhat kepada sang istri, Azizah Salsha melalui pesan singkat.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024