Laporan dari Bangkok

Situasi Bangkok Damai, Demonstran Hormati Ulang Tahun Raja

Demonstran dan polisi membersihkan jalanan di Bangkok, Thailand
Sumber :
  • REUTERS/Dylan Martinez

VIVAnews - Berbeda dengan beberapa hari sebelumnya, situasi di Bangkok, Thailand, hari ini terlihat damai dan tanpa riuh rendah demonstran. Di beberapa tempat, terlihat para demonstran justru berjibaku dengan polisi membersihkan jalan.

Reporter TVOne dari Bangkok Lilik Dwi Koestiawan melaporkan pada VIVAnews, Rabu 4 Desember 2013, bahwa menurut warga, atmosfir ketenangan hadir karena para demonstran menghargai ulang tahun Raja Bhumibol Adulyadej yang jatuh Kamis besok.

"Saat ini situasi sangat damai. Ketika ditanya ke penduduk, mereka mengatakan, karena ingin menghormati perayaan ulang tahun Raja yang jatuh hari Kamis esok. Saat ini mereka semua fokus untuk menyambut ulang tahun raja," kata Lilik.

Kondisi raja sendiri masih memprihatinkan. Sejak pekan lalu media Thailand memberitakan bahwa raja berada di rumah sakit. Dalam sebuah tayangan, terlihat raja berusia 85 tahun itu berada di kursi roda.

Berbagai persiapan dilakukan untuk merayakan ulang tahun raja. Salah satunya, lapor Lilik, lokasi unjuk rasa mulai dibersihkan secara gotong royong, oleh demontran dengan polisi.

Labuan Bajo Siap Sambut Wisatawan! Temukan Peluang Baru di Webinar Outlook Kepariwisataan NTT

"Di pusat kota jalan raya Ratchadamnoen, para pengunjuk rasa bergabung dengan kepolisian bersih-bersih di sana. Mereka menyapu, menyemprot jalanan, disikat aspalnya dan lampu-lampu dinyalakan," ujar Lilik.

Namun dia mengatakan bahwa sehari setelah ulang tahun raja, yaitu Jumat, demonstrasi akan dilanjutkan kembali. Kendati demikian, seperti beberapa hari terakhir, demo diperkirakan akan damai karena polisi bertekad tidak akan gunakan kekerasan.

Salah satu bentuknya kemarin, polisi mengangkat seluruh barikade dan membiarkan massa masuk ke pekarangan Kepolisian Metro Bangkok.

"Instruksi dari PM Thailand, polisi berhenti menggunakan kekerasan. Harus menggunakan cara damai. Oleh kepala polisi Bangkok, diterjemahkan dengan cara membiarkan massa masuk. Dia tidak mempermasalahkan kehilangan muka, yang penting tidak lagi menembak orang-orang sendiri," ujar Lilik.

Sementara itu, akibat situasi yang tidak menentu di Bangkok, banyak wisatawan yang membatalkan niat mereka ke Thailand. Tidak terkecuali para turis asal Indonesia.

"Info yang didapat dari KBRI, kelompok besar turis dari berbagai negara banyak memutuskan untuk membatalkan kunjungan, terutama dari 25 negara yang memberlakukan travel warning ke Thailand. Dari Indonesia juga banyak yang membatalkan," kata Lilik.

Laporan: Lilik Dwi Koestiawan | TVOne

Risma dan Menteri PKB Tak Ikut Buka Puasa Bersama Jokowi, Budi Arie: Jangan Didramatisir
Ilustrasi Kelebihan dari Investasi Properti.

Beli Properti Bisa untuk Rumah Tinggal Sekaligus Investasi Jangka Panjang

Membeli properti, baik rumah atau pun tanah merupakan salah satu keputusan finansial terbesar dalam hidup seseorang dan memiliki potensi sebagai investasi jangka panjang

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024