Mengapa Denmark Paling Rendah Korupsinya

Gedung Ny Carlsberg Glyptotek di Copenhagen, Denmark
Sumber :
  • Wikimedia Commons

VIVAnews - Transparency International mengumumkan Indeks Persepsi Korupsi 2013 pekan ini, 3 Desember 2013. Denmark berhasil mempertahankan posisi nomor 1 sebagai negara paling rendah korupsinya dengan skor 91 dari 100, berbagi tempat bersama Selandia Baru yang juga memperoleh skor 91 dari 100.

Denmark memang tidak sama sekali bebas korupsi. Transparency International melansir, masih ada sejumlah problem di Denmark seperti di pendanaan kampanye, juga termasuk isu anggota parlemen melakukan perjalanan dan makan malam dibiayai pihak swasta.

Lalu apa yang membuat Denmark yang berpopulasi 5,5 juta orang begitu bersih?

Keterbukaan Politik

TI melihat, ada upaya yang kuat dari pemerintahan Denmark yang bersistem parlementer ini untuk meningkatkan tranparansi. Tahun 2009, parlemen mengenalkan Skema Keterbukaan yang bertujuan meningkatkan transparansi pengeluaran dan aktivitas anggota parlemen. Setiap anggota parlemen harus mengumumkan pengeluaran bulanan, aktivitas hiburan, biaya perjalanan, hadiah yang diperoleh, dan pertemuan resmi mereka setiap bulan.

Pemerintah Denmark juga berperan dalam Kemitraan Pemerintah Terbuka atau Open Government yang bertujuan membentuk tata kelola pemerintah yang baik dan memperkuat demokrasi. Pemerintah berkomitmen memodernisasi sektor publik dan manajemen sumber daya publik melalui peningkatan transparansi dalam pengambilan kebijakan, mekanisme akuntabel dan antikorupsi, partisipasi warga dan dialog dengan civil society.

Fleksibilitas Tenaga Kerja

Negeri yang memiliki gross domestic product US$309 miliar di tahun 2010 ini mengenalkan sistem pasar tenaga kerja yang disebut "flexicurity" atau kombinasi dari flexibility (fleksibilitas) dan security (keamanan).

Fleksibilitas dan keamanan ini kemudian membentuk "segitiga" dengan kebijakan pasar tenaga kerja aktif yang belakangan diadopsi Uni Eropa. Sisi pertama dari segitiga ini adalah aturan untuk merekrut dan memecat yang memudahkan pengusaha untuk memberhentikan pegawai saat ekonomi turun dan memudahkan merekrut saat ekonomi tumbuh. Sekitar 25 persen pekerja sektor swasta Denmark berubah setiap tahun.

Sisi kedua, keamanan pengangguran yang memberikan santunan pengangguran yang bisa mencapai 90 persen upah buruh minimum yang dipatok tinggi. Kemudian sisi ketiga, kebijakan pasar tenaga kerja aktif di mana ada sistem menawarkan bantuan, panduan, pendidikan pada semua pengangguran. 1,5 Persen GDP Denmark dihabiskan untuk ini.

Dinilai Tangguh, Nikita Mirzani Banjir Pujian Netizen: Kartini yang Sesungguhnya

Sistem ini membuat Denmark berhasil mengamankan pertumbuhan ekonomi berimbang dengan daya serap tenaga kerja. Dan berikutnya tentu menjaga kesejahteraan warganya.

Kesehatan dan Pendidikan Gratis

Flexicurity ini kemudian diperkuat sistem perlindungan kesehatan universal dalam bentuk layanan kesehatan gratis dan pendidikan gratis. Semuanya kemudian membuat keseimbangan sosial, kesejahteraan sosial dan kesetaraan antarwarganegara terjadi, sehingga menekan angka korupsi.

Pendidikan dasar adalah wajib di Denmark. Di sekolah menengah, mereka disiapkan untuk pendidikan tinggi, namun juga ada yang masuk pendidikan vokasional atau pelatihan kerja untuk langsung bekerja di perdagangan atau industri. Namun, lebih dari 50 persen setiap tahunnya, mereka masuk perguruan tinggi.

Nyaris seluruh pendidikan tinggi juga diatur dan dibiayai negara kerajaan ini. Sistem pendidikan pun disiapkan untuk berhubungan langsung dengan dunia kerja. (Sumber: Transparency International dan Denmark.dk | umi)

Launching Jakarta STIN BIN

Punya Skuad Mewah Termasuk Megawati, Jakarta STIN BIN dan Jakarta BIN Ditargetkan Juara Proliga 2024

Badan Intelijen Negara (BIN) meluncurkan dan melepas tim putra (Jakarta STIN BIN) dan tim putri (Jakarta BIN) untuk mengikuti kompetisi bola voli Proliga.

img_title
VIVA.co.id
21 April 2024