Raja Bhumibol Minta Rakyat Thailand Tetap Bersatu

Raja Thailand Bhumibol Adulyadej berulang tahun ke-85
Sumber :
  • REUTERS/Kerek Wongsa
VIVAnews --Raja Thailand, Bhumibol Adulyadej, menyerukan kepada rakyat Thailand agar memenuhi kewajibannya sesuai peran dan tugas masing-masing. Hal itu demi kebaikan, stabilitas, dan keamanan Negeri Gajah Putih. 
Zulhas Enggan Revisi Aturan Barang Bawaan dari Luar Negeri: Bayar Pajak Dong!

Demikian salah satu pesan yang terungkap dari pidato Raja Bhumibol di hari ulang tahun ke-86 yang dirayakan hari Kamis, 5 Desember 2013. Perayaan hari lahirnya itu diselenggarakan secara meriah di Istana Klai Kangwon, Distrik Prachuap Khiri Khan, dan dilansir harian Bangkok Post. 
Biadab! Israel Eksekusi Anak Palestina Beramai-ramai dari Usia 4-16 Tahun

Dia mengatakan Thailand sudah sejak lama menjadi negara yang damai. Selain itu rakyatnya dikenal selalu kompak, bersatu, dan bekerja bahu membahu untuk kepentingan negaranya. 
Kasus Pemalsuan Surat Lahan, Gubernur Kepri Sebut Bisa Diselesaikan dengan Musyawarah

"Seluruh warga Thailand harus menyadari poin ini sungguh-sungguh. Kalian juga harus bersikap, dan bertindak sesuai perannya demi keamanan negeri ini," ungkap Raja sambil berharap rakyatnya selalu bahagia. 

Perayaan ulang tahun raja disiarkan secara langsung di semua stasiun televisi Thailand secara langsung. Sehingga publik luas dapat ikut menyaksikan. 

Raja diterima di Paviliun Rajpracha Samakhom oleh anggota keluarga Kerajaan. Namun, tidak tampak kehadiran Sang Ratu. Saat tiba di Paviliun, tentara militer menembakkan 21 timah panas ke udara sebagai bentuk penghormatan terhadap Raja Bhumibol. 

Putra Mahkota Pangeran Maha Vajiralongkorn, Perdana Menteri Yingluck Shinawatra, Ketua DPR, Presiden Parlemen, Somsak Kiatsuranont, yang turut hadir di Paviliun secara bergantian mengucapkan selamat ulang tahun bagi sang Raja. 

Dalam pidatonya, PM Yingluck mengatakan Raja Bhumibol adalah sosok baik hati. Dia mengagas kali pertama proyek bendungan Khao Tao di Hua Hin di awal ketika bertahta. 

Kebaikannya, Yingluck melanjutkan, selalu bersinar sepanjang waktu. 

Harapan serupa juga diungkap warga Thailand. Ribuan warga terlihat mengenakan kaos kuning, dan membawa bendera dengan warna senada berkumpul di Jalan Phetkasem, yang berdekatan ke arah Istana. Mereka berharap dapat kesempatan melihat Raja yang tengah berada di Paviliun. 

Banyak terlihat yang begitu emosional, bahkan beberapa di antara mereka hingga menitikkan air mata tatkala Raja melewati mereka. Rakyat lantas berteriak "Hidup Raja!". 

Istirahat Demo

Sementara aksi unjuk rasa besar-besaran yang berlangsung sejak hampir dua pekan sebelumnya, terhenti sementara waktu. Selain hari ini dijadikan hari libur, kedua pihak yang berseteru, secara tidak resmi, sepakat menghentikan pertikaian pada Kamis ini. 

Pemimpin demonstran anti PM Yingluck, Suthep Thaugsuban, juga menjamin bahwa tidak ada aksi protes pada Kamis ini. Namun aksi akan berlanjut Jumat esok. 

Menurut harian Sydney Morning Herald, seorang anggota rumah tangga istana telah memanggil Kepala Kepolisian Bangkok, Jenderal Kamronwit Thoopkrachang, untuk mengingatkan masyarakat agar jangan ada pertikaian selama hari ulang tahun raja. Pesan itu langsung disampaikan Kamronwit kepada masyarakat.

Demi mempersiapkan ulang tahun Raja, Rabu kemarin, masyarakat bersama-sama Pemerintah Bangkok bergotong royong membersihkan kota mereka dari sisa-sisa kerusuhan. Selain itu banyak warga berkumpul di luar kediaman pribadi raja sejak Rabu malam. Mereka berharap pemimpin yang mereka cintai itu muncul di balkon, walau kesehatannya sudah menurun drastis.(np)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya