Kisah Nelson Mandela Cinta Batik Indonesia

nelson mandela dan batik
Sumber :
  • REUTERS/Mike Hutchings
VIVAnews -
Kemenangan Prabowo-Gibran Diharap Jadi Peluang Kembangkan Ekonomi Berbasis Laut
Mantan pemimpin Afrika Selatan Nelson Mandela sering terlihat mengenakan batik Indonesia. Karena inilah, pamor batik Indonesia mendunia dan punya sebutan Madiba shirt di Afrika Selatan.

EVOS dan Pop Mie Rayakan 6 Tahun Kolaborasi, Perkuat Komitmen untuk Majukan Esport Indonesia

Seperti diulas
Pembunuhan di Wonogiri Ternyata Motifnya Sakit Hati, Korban Tidak Boleh Balikan dengan Mantan
BBC beberapa waktu lalu, Mandela sempat membuat Presiden RI Suharto terkejut saat tokoh anti apartheid itu mengunjungi Jakarta pada tahun 1997. Saat itu, Mandela mengenakan batik, sementara Suharo berjas lengkap.


Pakaian batik selalu dikenakannya pada acara-acara resmi seperti peluncuran asosiasi mantan pemimpin dunia, The Elders Juli tahun 2007 lalu ini, Mandela sering dengan bangga mengenakan kemeja batik Indonesia.


Mantan Duta besar RI untuk Afrika Selatan Sugeng Rahardjo kepada BBC mengatakan bahwa perkenalan Mandela dengan batik terjadi pada tahun 1990, beberapa bulan setelah dia kelur dari penjara Pulau Roben.


Asia termasuk Indonesia, kata Rahardjo, adalah tujuan utama perjalanan Madiba -nama akrab Mandela- usai keluar penjara. Dia bersama ANC mempromosikan kampanye anti aphartheid di Afrika Selatan.


Saat kunjungan Mandela ke Indonesia saat itu, Rahardjo menjabat sebagai kepala seksi Afrika di Departemen Luar Negeri dan menjadi notulen pertemuan Presiden Suharto dan Mandela. Di sinilah kecintaan Mandela pada batik bermula.


Sebagian kemeja batik yang dikenakan sang mantan Presiden Afrika Selatan merupakan rancangan Iwan Tirta, salah satu perancang batik terkenal di Indonesia.


Pada tahun 1994 saat menghadiri APEC di Bogor, Mandela mengenakan batik di hadapan para pemimpin negara lainnya.


Duta Besar Afsel untuk Indonesia Noel N. Lehoko, beberapa waktu lalu mengatakan bahwa setelah dikenakan Mandela, batik Indonesia tenar di negaranya. Batik di Afsel kini memiliki nama Madiba shirt dan diburu warga.


Batik kemudian juga ikut menginspirasi beberapa desainer lokal Afsel yang membuat motif batik baru. Lehoko menyebut saking termahsyurnya batik Indonesia, beberapa delegasi bisnis Afsel yang berkunjung ke tanah air rela menghabiskan waktunya seharian untuk berburu batik sebagai cinderamata.


Selain batik, Indonesia juga dikenal sebagai penghasil produk mie instan, tas, sepatu dan ragam produk yang terbuat dari kulit. "Indonesia perlahan-lahan mulai dikenal sebagai negara yang memiliki perekonomian yang kuat di Afsel," kata Lehoko.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya