Barack Obama: Mandela Inspirasi Politik Saya

Presiden AS Barack Obama berpidato soal Nelson Mandela
Sumber :
  • REUTERS/Mike Theiler
VIVAnews -
Bamsoet Sebut Ketua TPN Ganjar-Mahfud Bakal Sowan ke Prabowo
Presiden Amerika Serikat Barack Obama menyatakan belasungkawanya atas kepergian mantan pemimpin Afrika Selatan Nelson Mandela. Dia mengaku bahwa Mandela adalah sosok yang menginspirasi langkah politiknya.

Jasa Raharja Serahkan Santunan untuk Ahli Waris Najwa Devira, Korban Laka Tol Cikampek

Diberitakan
Shimmer Dress Lagi Tren! Ini Tips Padu Padan dan Perawatannya Agar Awet
Reuters , dalam pidatonya di Gedung Putih, Kamis 5 Desember 2013, Obama mengatakan bahwa Mandela meninggalkan warisan kebebasan dan perdamaian bagi dunia. Dia menjadi inspirasi bagi jutaan orang.


"Saya adalah satu dari jutaan orang yang terinspirasi dari kehidupan Nelson Mandela. Aksi politik pertama saya, hal pertama yang saya lakukan terkait politik atau kebijakan, adalah protes terhadap sistem apartheid," kata Obama.


"Seperti banyak orang di seluruh dunia, saya tidak bisa membayangkan hidup saya tanpa teladan dari Mandela. Dan sepanjang hidup saya, saya akan melakukan apa yang saya bisa untuk belajar dari dia," lanjut Obama lagi.


Ucapan Obama ini bukan basa-basi belaka. Foto Obama dan Mandela terpampang di kediaman presiden di Gedung Putih. Di sampingnya, ada foto Mandela dengan ibu negara Michelle Obama dan dua putrinya, diambil saat mereka ke Afsel dua setengah tahun lalu.


Mandela meninggal dunia di rumahnya di Johannesburg kemarin malam akibat infeksi paru-paru kronis. Juni lalu Obama mengunjungi kota itu dalam tur Afselnya, tapi tidak sempat menjenguk Mandela yang tengah kritis.


Obama rencananya akan datang ke Afsel untuk menghadiri pemakaman Mandela. Dia juga memerintahkan bendera setengah tiang dikibarkan di seluruh gedung pemerintah dan militer sampai Senin malam mendatang.


"Pencapaiannya lebih dari yang diharapkan seorang manusia. Sekarang, dia telah berpulang. Kita telah kehilangan salah satu dari manusia paling berpengaruh, berani dan terbaik. Dia tidak lagi bersama kita - dia telah bersama zaman," ujar Obama. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya