Raja Berulang Tahun, Konflik Politik Thailand Jeda Sehari

Rakyat Thailand
Sumber :
  • Reuters

VIVAnews - Kendati Thailand hingga saat ini masih dibelit konflik politik, namun kecintaan rakyat terhadap Raja Bhumibol Adulyadej tidak luntur. Hal itu terlihat jelas ketika Raja merayakan ulang tahun ke-86 pada Kamis, 5 Desember, kemarin.

Ketegangan politik antara Pemerintah dengan massa demonstran pimpinan Suthep Thaugsuban bahkan vakum selama sehari untuk menghormati ulang tahun Raja Bhumibol. Masyarakat juga bersama-sama dengan Pemerintah Bangkok bergotong royong untuk membersihkan kota mereka dari sisa-sisa kerusuhan, Rabu kemarin.

Selain itu banyak warga sudah berkumpul di luar kediaman pribadi raja sejak Rabu malam, berharap agar pemimpin yang mereka cintai itu muncul di balkon, walau kesehatannya sudah menurun drastis.

Harian Bangkok Post melansir perayaan hari lahir Raja Bhumibol diselenggarakan secara meriah di Istana Klai Kangwon, Distrik Prachuap Khiri Khan. Bagi yang tidak bisa menyaksikan Raja dari langsung, sebuah layar besar disiapkan agar dapat ditonton oleh seluruh warga kota Bangkok.

Mereka menyemut dengan menggunakan kaos berwarna kuning, yang menyimbolkan warna kerajaan.

Menurut reporter tvOne yang tengah bertugas di Bangkok, Lilik Dwi Koestiawan, Raja Bhumibol dianggap keturunan dewa di sana. Oleh sebab itu sosoknya sangat dipuja.

"Apalagi untuk Raja yang ini, dianggap telah bekerja 100 persen untuk rakyatnya," ujar Lilik yang memperoleh informasi tersebut setelah berbincang dengan warga lokal.

Saat Raja Bhumibol akan memasuki Istana sebelum merayakan ulang tahunnya, rakyat begitu antusias melihat pemimpinnya dari dekat. Dari tayangan langsung, banyak rakyat yang berusaha untuk menyentuh kaca mobil VW Caravelle yang membawa Raja masuk ke dalam Istana Klai Kangwon.

Kemenkominfo Mengadakan Kegiatan Webinar "Hak dan Tanggung Jawab di Ruang Digital"

Hal serupa ditunjukkan oleh pemimpin massa antipemerintah, Suthep Thaugsuban, yang menggelar acara khusus untuk merayakan ultah Raja.

"Walaupun antiterhadap Pemerintah, namun Suthep juga sangat menghormati Raja. Cara dia memberikan penghormatan bahkan rela membungkuk hingga menyentuh tanah seperti orang menyembah," papar Lilik.

Raja yang dicintai rakyat

Satgas Pangan Polri: Pasar Murah Harus Digencarkan Jelang Lebaran di Kalteng

Tak salah jika Raja Bhumibol dicintai oleh rakyat Thailand. Pasalnya sejah bertahta di tahun 1950 silam, Raja Bhumibol berusaha membangun pencitraan Kerajaan sejak pamornya kian menurun di tahun 1930-an. Menurut kantor berita BBC, Raja Bhumibol membuat berbagai program tur layaknya blusukan ke beberapa provinsi dan melalui beragam proyek Kerajaan.

Raja memiliki kepedulian khusus terhadap pengembangan sektor pertanian yang menjadi andalan Negeri Gajah Putih. Atas semua upayanya itu, di tahun 2006 silam, Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa Kofi Annan menganugerahinya Human Development Lifetime Achievement Award untuk kali pertama.

Lahir tanggal 5 Desember 1927 di Cambridge, Massachusetts, Raja Bhumibol dibesarkan dengan kultur dan pendidikan ala barat. Dia didik di Universitas Luzern di Swiss mengambil program ilmu sains.

Dia naik tahta menggantikan kakaknya Raja Ananda Mahidol yang meninggal secara mendadak.

Namun, terkait konflik politik yang tengah mendera negaranya, Raja Bhumibol memilih untuk bersikap netral. Dia bahkan menolak mengomentari konflik tersebut.

Raja Bhumibol hanya meminta kepada rakyat Thailand agar tetap bersatu. Thailand, ujar Raja, dikenal sebagai negara yang rakyatnya kompak, bersatu dan bekerja bahu membahu.

Perdana Jajal Action di Film Horor Marni The Story of Wewe Gombel, Frislly Herlind Rasakan Hal Ini
Ilustrasi kulit berjerawat.

Bopeng Parah Bekas Jerawat Ternyata Bisa Disiasati Buat Dihilangkan, Begini Caranya

Jerawat memang bikin kesal, tapi bekasnya yang sulit hilang jauh lebih menjengkelkan. Terlebih jika sudah menjadi bopeng yang parah, maka akan lebih sulit lagi diatasi.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024