5 Hal Tentang Mandela yang Mungkin Anda Tidak Tahu (1)

nelson mandela dan batik
Sumber :
  • REUTERS/Juda Ngwenya
VIVAnews -
Soal Cincin di Jari Manis dan Dilamar di Bali, Ini Kata Syifa Hadju
Kamis malam, Afrika Selatan dan dunia kehilangan tokoh internasional. Nelson Mandela wafat di usianya ke 95 tahun. Simbol anti-apartheid itu menghembuskan nafas terakhir di rumahnya, Johannesburg, Afrika Selatan.

Ada Banyak Cerita! Dude Harlino dan Alyssa Soebandono Ungkap Proses Kelahiran Anak Perempuan Pertama

Dunia mengenal Nelson Mandela sebagai sosok yang mampu mengubah sejarah manusia modern. Menghabiskan waktu 27 tahun di penjara sebagai korban politik, dia keluar dan memperjuangkan anti-apartheid hingga akhirnya menduduki kursi presiden pertama yang berkulit hitam di negaranya sendiri.
6 Cara Ampuh dan Mudah Bersihkan Mika Lampu Mobil yang Kusam


Tapi, tahukah Anda tentang renungannya di Hari Valentine? Pengalaman ia mengajarkan simpati pada sipir dari balik jeruji besi? Mungkin tak banyak orang yang tahu, siapa tokoh besar itu dan apa saja yang dilakukannya dari balik layar.


Bapak Bangsa


Perlahan tapi pasti, popularitas Nelson Mandela sebagai pahlawan Afrika Selatan semakin kuat sejak bank sentral merilis uang kertas baru pada tahun 2012 yang menunjukkan wajahnya yang tersenyum. Patung-patung dan candi tersebar menghiasi kota-kota di Afrika Selatan diikuti dengan namanya. Di gereja Katolik Regina Mundi Soweto, pusat perkumpulan kaum protestan dan aktivis apartheid di jaman dulu, kini memasang gambar Mandela di kaca patri dengan tangan terangkat.


Satu lagi, maskapai South African Airways bahkan memampang gambar Mandela di badan pesawat meski hanya siluet. Bukti-bukti ini dibuat sendiri oleh rakyat Mandela tanpa paksaan alias sukarela, sebagai bukti kecintaan mereka terhadap bapak bangsa.


Hari Valentine


Sebuah proyek senilai US$1,25 juta untuk melestarikan catatan kehidupan Mandela tahun lalu di http://archive.nelsonmandela.org. Proyek yang digagas Google dan aktivis Mandela itu membolehkan siapa saja untuk mengakses ratusan dokumen, foto, dan video Mandela.


Dalam catatan Mandela di tahun 1995, dia pernah menulis tangan dengan tinta biru. Dia merenungkan tentang hari Valentine. Nampaknya itu menjadi draft surat pada pengagum mudanya, di mana Mandela mengatakan dia diasuh oleh orang tuanya yang buta huruf di sebuah desa kecil, yang membuatnya polos tentang hal-hal sederhana seperti liburan, apalagi asmara.


Hidup baru


Ketika dibebaskan setelah 27 tahun mendekam di penjara, Mandela seakan memulai babak yang benar-benar baru dalam hidupnya. Melalui pintu utama penjara, ia yang berjalan terseok-seok dengan tangannya langsung mendapat sambut hangat sang istri. Dia mengangkat kepalan tangan kanannya sebagai bentuk kemenangan.


Dalam otobiografinya,
'Long Walk To Freedom'
ia menulis, "Ketika aku akhirnya melewati pintu gerbang itu, aku merasa ... — walau ketika itu berusia 71 tahun— ini adalah hidupku yang baru."


Bersambung ...
(umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya