7 Tempat Bersejarah untuk Mengenang Mandela

nelson mandela dan batik
Sumber :
  • REUTERS/Juda Ngwenya
VIVAnews -
Indonesian Students Victim of Germany Human Trafficking Mostly In Debt
Presiden kulit hitam pertama Afrika Selatan (Afsel), Nelson Mandela, wafat pada Kamis malam 5 Desember 2013 di usia 95 tahun. Meskipun sudah tiada, Mandela telah meninggalkan warisan untuk dikenang oleh seluruh orang di dunia.

KPU Sebut Gugatan Ganjar-Mahfud yang Singgung Jokowi Salah Sasaran

Melansir
Sopir Truk Penyebab Kecelakaan di GT Halim Ternyata Masih Anak-anak, Bos Akan Diperiksa
Fox News , 6 Desember 2013, berikut sembilan tempat bersejarah untuk mengenang ikon perdamaian atas jasa-jasanya di dunia. Berikut tujuh tempat bersejarah itu:

1. Rumah Kanselir

Rumah kanselir merupakan kantor pertama Nelson Mandela di Johannesburg, Afsel. Pada tahun 1952, Mandela bersama temannya yang juga anti-apartheid, Oliver Tambo, membuka kantor bantuan hukum bagi orang kulit hitam.


Pemerintah kota setempat sudah menyelamatkan kantor itu dari pembokaran. Sampai saat ini, di kantor itu masih terdapat papan nama "Mandela and Tambo Attorneys." Tujuannya untuk mengenang sosok Mandela.


2. Penjara Robben Island

Di penjara itu Mandela pernah mendekam selama 27 tahun. Ia dinyatakan bersalah karena melakukan sabotase atas pemerintahan Afrika Selatan pada saat itu. Di tempat itu juga Mandela mengaku pernah menerima pelecehan verbal dan fisik dari sipir berkulit putih.


Namun, di penjara itu juga Mandela berhasil meraih gelar Sarjana Hukum dari University of London, melalui program korespondensi.


3. Tempat pemakaman Mandela

Mandela dikabarkan akan dimakamkan di kampung halamannya, Desa Qunu. Itu merupakan tempat pemakanan milik keluarga Mandela. Diyakini tempat peristirahatan terakhir Mandela akan dibuat sebuah monumen untuk memberikan penghormatan kepada pemimpin anti-apartheid itu.


4. Tempat kelahiran Mandela di Wild Coast

Di tempat kelahirannya di Wild Coast telah dibangun Museum Nelson Mandela pada 11 Februari 2000 lalu. Ditetapkannya tanggal itu untuk memperingati 10 tahun kebebasan Mandela dari penjara. Saat ini, Museum Nelson Mandela dianggap sebagai salah satu warisan terbesar bagi rakyat Afsel.


5. Kota Soweto di Afsel

Soweto merupakan salah satu kota terbesar di Afsel. Di kota itu Mandela dan keluarga tinggal dari tahun 1946 sampai 1990an. Pada tahun 2007 lalu, Mandela menyumbangkan rumahnya untuk dijadikan Museum Mandela Family. Tujuan dibangunnya museum itu untuk menjadi tempat pelestarian, presentasi, penelitian sejarah, tentang keluarga Mandela.


6. Mahkamah Konstitusi Afsel

Mahkamah Konstitusi Afsel merupakan pengadilan tertinggi di negara itu. Di dalamnya terdapat sebuah penjara bernama Johannesburg Old Fort Prison Complex. Di penjara itu banyak pemimpin politik yang ditahan, mulai dari Mandela, Mahatma Gandhi, dan Walter Sisulu.


7. Penjara Victor Verster

Pada tahun 2000, penjara Victor Verster sudah berganti nama menjadi penjara Groot Drakenstein. Di penjara yang terletak di wilayah Western Cape, Afsel, itu Mandela pernah menghabiskan waktu berbulan-bulan.


Di pintu gerbang penjara terdapat patung perunggu Nelson Mandela. Patung itu menjadi tanda langkah pertama Mandela menjadi orang bebas. Sekarang penjara itu sudah dijadikan tempat wisata bagi orang umum. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya