Buka Link Foto Bugil Mantan Ibu Negara, Komputer Diplomat Kena Virus

Mantan Presiden Prancis Nicolas Sarkozy dan istrinya Carla Bruni.
Sumber :
VIVAnews -
Cak Imin Posting Foto Bareng Dasco Gerindra, Apa Artinya?
Puluhan diplomat yang mengikuti KTT ke-6 di Cannes, Prancis tahun 2011 silam, terkena serangan virus Trojan. Semua ini bermula dari rasa penasaran mereka saat ingin melihat foto bugil mantan Ibu Negara Prancis, Carla Bruni.

Kementan Lepas Ekspor Komoditas Perkebunan ke Pasar Asia dan Eropa

Laman
Cole Palmer Jadi Pusat Perhatian Jelang Man City vs Chelsea
Dailymail , Rabu 11 Desember 2011 melansir informasi ini dari seorang sumber pemerintahan di Paris. Menurut sumber tersebut, puluhan diplomat tiba-tiba menerima pesan bertuliskan "untuk melihat foto bugil Carla Bruni, klik di sini".

Ternyata, setelah mengklik tautan itu, sebuah lampiran yang belakangan diketahui sebagai virus Trojan menyerang isi komputer para diplomat. Padahal, semua diplomat hanya menyadari bahwa isi foto itu berisi konten pornografi.


Ketika diakses, komputer pejabat senior tidak hanya diserang, namun secara otomatis sistem di virus itu meneruskan surat elektronik berisi pesan serupa kepada penerima lainnya.


"Hampir semua orang yang menerima surat elektronik itu terpancing dan mengklik foto itu," ujar sumber itu.


Para diplomat yang komputernya terserang virus lantaran penasaran ingin melihat foto bugil Bruni, antara lain berasal dari Republik Ceko, Portugal, Bulgaria, Hungaria dan Latvia. Bahkan, pejabat tersebut telah menduduki posisi sebagai Menteri Keuangan dan perwakilan Bank Sentral.


Virus itu diduga diprogram untuk melakukan phising dan berasal dari China. Tujuan dari aksi phising yaitu untuk mencuri informasi.


Hingga kini, aksi penyerangan itu masih terus diinvestigasi dan belum diketahui secara pasti informasi apa yang berhasil dicuri. Amerika Serikat (AS) diyakini menjadi target utama aksi phising itu.


Serangan virus itu terjadi di kota Paris, sebelum KTT di kota Cannes dimulai. Saat itu KTT G20 dihelat pada tanggal 3-4 November 2011.


Menurut buku putih di bidang pertahanan dan keamanan nasional Prancis menyebut serangan siber dianggap salah satu ancaman utama terhadap teritori nasional. Sehingga Departemen Pertahanan selalu menyikapi serangan siber sebagai prioritas utama kepentingan nasional institusi tersebut.


Hal inilah yang diyakini sebagai pemicu pembentukan Sistem Informasi Keamanan Nasional bagi agen intelijen Prancis di tahun 2009 silam.


Bruni, merupakan istri ketiga mantan Presiden Prancis, Nicolas Sarkozy dan menikah di tahun 2008 silam. Sebelum resmi menjadi Ibu Negara, Bruni kerap tampil bugil untuk mendongrak kariernya. Salah satu foto polosnya muncul ketika pasangan itu tengah melakukan kunjungan kenegaraan ke Inggris.


Keduanya diketahui menginap di Istana Windsor dan merasa malu atas insiden foto bugil Bruni. Namun, dia berupaya mengubah citra itu dengan menjadi istri seorang politisi yang sopan.


Sarkozy yang berasal dari Partai Konservatif tidak berhasil mempertahankan periode kepemimpinannya sebagai Presiden Prancis lantaran kalah dengan pemimpin Partai Sosialis, Francois Hollande, dalam pemilu 2012 lalu. Miris, kini Sarkozy harus berhadapan dengan tuduhan korupsi, sementara istrinya melanjutkan karier sebagai seorang penyanyi. (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya