Foto "Narsis" PM Inggris Jadi Bahan Sindiran di Rapat Parlemen

sejumlah pemimpin dunia menghadiri misa Mandela
Sumber :
  • REUTERS/Ihsaan Haffejee
VIVAnews
Generasi Muda Harus Cerdas Finansial Dalam Menabung dan Kelola Keuangan
- Foto narsis Perdana Menteri Inggris, David Cameron, bersama dua koleganya, Presiden Barack Obama dari Amerika Serikat dan Perdana Menteri Helle Thorning Schmidt dari Denmark, saat acara perkabungan Nelson Mandela jadi bahan lelucon di London. Ini terungkap dari rapat Parlemen Inggris yang digelar Rabu, 11 Desember 2013.

Kondisi Tragis di Gaza, FYP Minta Yordania-Mesir Buka Perbatasan untuk Bantuan Kemanusiaan

Laman
Heru Budi Didesak Segera Bangun Proyek Pengelolaan Sampah Sunter yang Mangkrak 5 Tahun
New York Daily Times melansir, di tengah-tengah rapat yang membahas soal biaya roaming ponsel di kawasan Uni Eropa, seorang anggota parlemen tiba-tiba menyinggung soal aksi narsis Cameron dalam foto menggunakan ponsel milik Thorning Schmidt. Anggota Parlemen itu bertanya apakah Cameron juga punya kesempatan untuk membahas kegunaan ponsel dengan Kepala Pemerintah negara Eropa lainnya.


Sontak, semua anggota parlemen yang mendengar pertanyaan itu pun tertawa. Disindir oleh koleganya, Cameron hanya tersenyum, sambil mengatakan bahwa keikutsertaannya dalam aksi narsis, yang lazim disebut "selfie," hanya untuk menghormati Thorning Schmidt.


Pasalnya, perdana menteri Denmark itu istri putra mantan pemimpin Partai Buruh di Inggris, Stephen Kinnock. "Ketika salah seorang anggota keluarga Kinnock meminta saya untuk berfoto, saya kira satu-satunya cara yang sopan merespon hal tersebut yakni dengan mengatakan iya," ungkap Cameron beralasan.


Dia pun menambahkan bahwa aksinya bersama dua pemimpin negara lainnya itu, bermaksud ingin memberikan penghormatan kepada Nelson Mandela. Dia menyebut dalam misa penghormatan tersebut, tidak harus dijalani dengan wajah bersedih.


Cameron lantas mengatakan bahwa Mandela memainkan peranan yang luar biasa ketika dia masih hidup dan saat tutup usia. "Dia menyatukan semua warga," kata Cameron.


Sementara fotografer media Prancis, AFP, Roberto Schmidt, mengklarifikasi soal ekspresi wajah istri Obama, Michele, yang keliatan galak, diduga lantaran cemburu melihat kedekatan sang suami dengan Thorning Schmidt. Menurutnya ekspresi tersebut terekam secara tidak sengaja.


"Foto dapat membohongi Anda. Pada kenyataannya, beberapa detik sebelum itu, Ibu Negara malah terlihat bercanda dengan semua orang yang ada di sampingnya, termasuk Cameron dan Thorning Schmidt," tulis Roberto di blog pribadinya dan dilansir harian Australia, Sydney Morning Herald (SMH).


Setelah mempublikasikan foto tersebut, Roberto mengaku sedikit kecewa lantaran publik malah lebih fokus pada hal-hal sepele seperti foto narsis ketimbang esensi misa penghormatan Selasa kemarin.


Kendati demikian, Roberto bisa memahami bahwa publik tertarik untuk melihat tingkah para politisi ketika bertindak tanpa protokol dan layaknya manusia biasa.


Foto narsis trio pemimpin dunia menjadi perbincangan hangat di dunia maya lantaran aksi mereka dianggap tidak tepat. Pasalnya, mereka berfoto bersama di stadion Johannesburg, di tengah-tengah misa penghormatan bagi Mandela. (ren)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya