13-12-2009: PM Silvio Berlusconi Dihajar dengan Patung

Presiden AC Milan, Silvio Berlusconi
Sumber :
  • REUTERS/Marco Valdo

VIVAnews - Empat tahun lalu, Perdana Menteri (PM) Italia saat itu, Silvio Berlusconi, luka parah di wajah setelah dihajar seorang pria dengan sebuah patung. Pelaku diketahui punya gangguan kejiwaan.

Terdakwa Yosep Subang Diadili Bunuh Istri dan Anak Demi Uang, Korban Dibacok Pakai Golok

Menurut stasiun televisi BBC, insiden terjadi usai Berlusconi berpidato di hadapan para pendukungnya di Kota Milan, Minggu malam waktu setempat, 13 Desember 2009. Berlusconi mengalami patah tulang hidung, luka di bibir hingga berdarah, dan dua giginya patah.

Tersangka pelaku, Massimo Tartaglia- yang pernah didiagnosis mengalami sakit jiwa, dikenai dakwaan karena melempar patung replika sebuah katedral Milan ke arah Berlusconi. Kepolisian mengatakan, pria 42 tahun tersebut tidak memiliki rekor kriminal sebelumnya.

Setelah terkena lemparan patung, Berlusconi mencoba meyakinkan para pendukungnya bahwa kondisinya baik. PM berusia 73 tahun tersebut tampak terkejut, dan langsung dipapah menuju mobil oleh ajudannya.

Pemimpin Italia itu sedang menandatangani sesuatu saat patung mengenai wajahnya. Replika katedral yang terkenal dengan puncaknya yang bergaya gotik itu sebelumnya disebut terbuat dari logam, tetapi kemudian diralat karena terbuat dari plaster.

Berlusconi pernah diserang juga di sebuah jalan di kota Roma pada malam tahun baru 2004. Saat itu, seorang turis domestik yang sedang berada di Roma melemparnya dengan kamera ketika Berlusconi berpidato di Piazza Navona. 

Penyerangnya, seorang tukang batu dari Italia utara, kepada polisi mengaku bahwa alasan dia menyerang Berlusconi adalah karena dia membencinya. Berlusconi yang beberapa bulan belakangan dihujani kritik akibat skandal pribadinya ini mengalami memar akibat lemparan kamera tersebut.

Berlusconi memerlukan waktu sekitar satu bulan untuk menyembuhkan lukanya. Sedangkan Tartaglia tidak diseret ke penjara, melainkan diasingkan ke suatu fasilitas perawatan kejiwaan.

Bank Muamalat Cetak Laba Rp 14,1 Miliar pada 2023, Aset Tumbuh 9 Persen

Pada 16 November 2011, Berlusconi akhirnya dipaksa mundur dari jabatan perdana menteri setelah tidak mampu mengatasi krisis utang yang parah di Italia. Dia lalu digantikan oleh Mario Monti. (umi)

Sapi Albino Ko Muang Phet.

Kerbau Albino Diundang ke Gedung Pemerintah, Harganya Rp7,8 Miliar

Kerbau albino bertubuh besar ini bernama Ko Muang Phet, terkenal di kalangan peternak Thailand sebagai hewan pejantan. Tingginya 1,8 meter dan berusia empat tahun.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024