21-12-1988: Tragedi Pesawat Pan Am

Tragedi jatuhnya Pesawat Pan Am di Skotlandia 1988
Sumber :
  • Reuters/Greg Bos

VIVAnews - Pada 25 tahun yang lalu, pesawat Pan Am Airlines 103 meledak dan jatuh di Kota Lockerbie, Skotlandia. Menewaskan semua 243 penumpang dan 16 awak serta 11 warga lokal di Lockerbie, insiden pesawat maskapai Amerika Serikat itu merupakan ulah intelijen dari Libya.

Menurut The History Channel, teroris menyembunyikan sebuah bom di dalam pemutar kaset audio. Perangkat itu ditaruh di dalam sebuah tas yang disimpan di ruang kargo pesawat dan meledak saat pesawat mengangkasa di ketinggian 31.000 kaki.

Pesawat itu melayani rute penerbangan dari London menuju New York. Bom itu ditaruh saat pesawat singgah di Frankfurt, Jerman.

Pada 1991, hasil penyelidikan gabungan Inggris dan AS menyatakan bahwa agen intelijen Libya, Abdel Basset Ali al-Megrahi dan Lamen Khalifa Fhimah, bertanggungjawab atas insiden Pan Am.

Pihak penyelidik mencurigai bahwa pengeboman itu merupakan serangan balasan dari rezim Muammar Khadafi di Libya atas serangan udara AS pada 1986, yang menewaskan seorang putri Khadafi beserta puluhan lain.

Namun, Libya saat itu sempat menolak menyerahkan para tersangka ke aparat hukum AS. Pada 1999, setelah dijatuhi sejumlah sanksi dari PBB, Khadafi bersedia menyerahkan dua tersangka ke aparat Skotlandia untuk diadili di Belanda, namun menggunakan prosedur hukum Skotlandia.

Pada awal 2001, al-Megrahi dinyatakan bersalah dan dihukum penjara seumur hidup, sedangkan Fhimah divonis bebas. Pada 2003, Libya bersedia memikul tanggungjawab atas insiden Pan Am dengan bersedia membayar kompensasi kepada keluarga para korban senilai US$8 juta.
 
Maskapai Pan Am, yang jatuh bangkrut tiga tahun setelah insiden di Skotlandia, menggugat pemerintah Libya. Gugatan itu tidak sia-sia karena pengelola Pan Am menerima kompensasi US$30 juta. 

Menurut stasiun berita BBC, al-Megrahi akhirnya meninggal di rumahnya di Tripoli pada 20 Mei 2012 pada usia 60 tahun. Megrahi telah dinyatakan bersalah dan dihukum penjara oleh pengadilan khusus di Belanda pada 2001.

Plot Twist, Lee Mijoo Jalin Asmara dengan Pesepakbola Top Song Bum-keun

Namun, pada 2009, dia dibebaskan dari penjara di Skotlandia atas pertimbangan kemanusiaan setelah pihak berwenang setempat mengetahui Megrahi menderita kanker.

Ibunda Angger Dimas meninggal dunia

Angger Dimas Ungkap Kondisi Kesehatan Ibunda Sebelum Meninggal Dunia

Diungkap Angger Dimas, ibunya itu meninggal dunia karena sakit kanker rahim. Tri Rahayu mengidap sakit kanker sejak tahun 2023.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024