Okinawa Setuju Relokasi Pangkalan Udara AS

Pangkalan udara AS di Shamsi diduduki militer Pakistan.
Sumber :
  • REUTERS/ISPR/Handout

VIVAnews - Pemerintah daerah Okinawa setuju untuk merelokasi pangkalan udara Amerika Serikat ke kawasan selatan yang jarang berpenghuni. Persetujuan itu diberikan setelah pertemuan dengan Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe.

Melansir Reuters, Jumat 27 Desember 2013, Gubernur Okinawa, Hirokazu Nakaima, mengatakan, pangkalan udara baru Amerika Serikat itu nantinya berada di Pantai Henoko, dekat Kota Nago.

Tapi, mereka diminta untuk memenuhi syarat fasilitas pengganti pangkalan udara Futenma, yang sebelumnya berada di daerah Ginowan.

"Pemerintah baru kali ini bertemu dengan kami dalam menyusun rencana untuk menghidupkan kembali Okinawa. Kami merasa Abe telah menghargai Okinawa lebih tinggi daripada pemerintah sebelumnya," kata Nakaima.

Dia percaya, relokasi pangkalan udara Futenma, tentu akan memindahkan fasilitas dengan landasan pacu di luar Okinawa.

Namun, pernyataan Nakaima menuai protes dari ribuan orang. Sekitar dua ribu orang menentang pernyataan Nakaima, bahkan setidaknya ada ratusan orang yang bertahan di gedung pemerintahan setempat.

Sekadar informasi, pada 1996, Jepang dan Amerika Serikat sepakat menutup Futenma. Namun, rencana tersebut terjegal oleh oposisi di Okinawa.

Kronologi Pengeroyokan 4 Pria di Depan Polres Jakpus yang Dipicu Pemukulan Terhadap Anggota TNI

Sekjen Departemen Pertahanan Amerika Serikat, Chuck Hagel, menerima persetujuan perpindahan area itu. Menurut dia, Pentagon tetap berkomitmen untuk menjalin kerja sama dengan Jepang.

"Kami berharap bisa melanjutkan kerja sama dengan Jepang, termasuk konsolidasi dengan Okinawa dan melanjutkan rencana untuk merelokasi pangkalan militer dari Guam ke tempat lain di daerah Pasifik," kata Hagel. (art)

Pemkot Pontianak Kasih Peringatan ke Seluruh SPBU di Kota Itu, Ada Apa?
Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto memimpin upacara kenaikan pangkat Pati TNI

29 Pati TNI Naik Pangkat Satu Tingkat Lebih Tinggi, Ini Daftar Namanya

29 Pati TNI itu terdiri dari 21 Pati TNI AD, 4 Pati TNI AL, dan 4 Pati TNI AU

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024