Survei: AS Ancaman Terbesar Bagi Perdamaian Dunia

Tentara AS di Afganistan
Sumber :
  • Rafal Gerszak/Reuters/file
VIVAnews - Amerika Serikat terpilih sebagai ancaman paling signifikan bagi perdamaian dunia, dalam survei di 68 negara yang berbeda. Pandangan anti-Amerika tidak hanya tercatat di negara-negara berlawanan dengan Amerika, tetapi juga di banyak mitra NATO yang bersekutu seperti Turki dan Yunani.
Ganjar-Mahfud Ngaku Tak Dapat Undangan Penetapan Prabowo-Gibran, KPU Bilang Begini

Sebuah survei global yang dilakukan Worldwide Independent Network dan Gallup pada akhir 2013, seperti dilansir laman RT, Kamis 2 Januari 2014, menunjukkan terjadi permusuhan yang kuat terhadap peran AS sebagai polisi dunia. Warga di lebih dari 60 negara diberi pertanyaan: "Negara mana yang menurut Anda adalah ancaman terbesar bagi perdamaian di dunia saat ini?"
Fakta-fakta Anggota TNI Tersambar Petir di Depan Mabes Cilangkap, 1 Meninggal Dunia

AS menempati puncak daftar tersebut, dengan 24 persen jumlah orang percaya AS menjadi bahaya terbesar bagi perdamaian. Sedangkan Pakistan menduduki posisi kedua, dengan 8 persen suara, diikuti China dengan 6 persen suara. Sementara itu, Afghanistan, Iran, Israel, dan Korea Utara berada di posisi keempat dengan 5 persen suara.
Golkar Terbuka Jika Jokowi-Gibran Mau Gabung: Amin, Kami Anggap Doa

Ancaman dari AS dinilai paling tinggi di Timur Tengah dan Afrika Utara, daerah-daerah yang baru-baru ini paling dipengaruhi oleh intervensi militer Amerika. Selain itu, survei tersebut juga menunjukkan bahwa bahkan orang Amerika menganggap negara mereka sebagai ancaman potensial dengan 13 persen dari mereka juga berpendapat AS dapat mengganggu status quo global.

Warga Amerika Latin seperti Peru, Brasil dan Argentina dilaporkan banyak berpendapat bahwa AS sebagai negara paling berbahaya.

Setelah ancaman untuk melancarkan serangan ke Iran, banyak negara yang berpendapat Israel adalah ancaman terbesar bagi kemakmuran. Sebab itu, banyak warga Maroko, Lebanon, dan Irak yang memilih Israel sebagai negara yang berbahaya bagi perdamaian dunia.

Para peserta survei juga ditanya: "Jika tidak ada hambatan untuk hidup di negara manapun di dunia, negara mana yang ingin Anda huni?"

Meskipun ancaman terbesar dirasakan bagi perdamaian dunia, Amerika Serikat masih menduduki puncak sebagai negara yang paling diinginkan orang sebagai tempat tinggal.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya