2013, Ada 37.000 Pejabat Korup China Diselidiki

Korupsi China Sorot
Sumber :
  • REUTERS/China Central Television (CCTV)

VIVAnews - Upaya pemerintah China memberantas korupsi tidak main-main. Tahun lalu, tercatat hampir 37.000 pejabat yang diduga korupsi diselidiki atas lebih dari 27.000 kasus di China.

Laporan ini dikeluarkan oleh Kejaksaan Tinggi Rakyat China (SPP) pada Minggu, 5 Januari 2014, seperti diberitakan Xinhua. Menurut SPP, para pejabat ini diduga terlibat 27.236 kasus korupsi antara Januari dan November 2013.

Sebanyak 21.848 atau lebih dari 80 persen di antaranya adalah kasus besar dan penting yang merugikan negara lebih dari 5,51 miliar yuan, atau Rp11 triliun. Sebanyak 16.510 kasus di antaranya menyebabkan kerugian rakyat secara langsung, melibatkan 23.017 pejabat negara.

Dalam penyelidikan kasus-kasus ini, SPP telah mengeluarkan lebih dari 30 dokumen standardisasi penegakan hukum dan peningkatan kualitas penyelidikan kasus korupsi.

Menurut jaksa tinggi China Cao Jianming kepada parlemen Kongres Rakyat Nasional Oktober lalu, lebih dari 200.000 pejabat telah terbukti korupsi dana negara atau suap antara Januari 2008 hingga Agustus 2013.

Lawan Korea Selatan, Shin Tae-yong Berani Pertaruhkan Nasionalisme demi Timnas Indonesia U-23

Salah satu kasus terbesar adalah korupsi Bo Xilai, anggota politbiro Komite Sentral Partai. Atas tuduhan menerima suap 21,79 juta yuan (sekitar Rp39,4 miliar), Bo divonis seumur hidup pada September tahun lalu.

Pemberantasan korupsi memang jadi salah satu agenda utama pemerintahan Xi Jinping yang baru terbentuk Maret 2013. Xi berjanji akan memberantas korupsi "dari harimau hingga lalat."
Pengakuan Mengejutkan Wanita yang Bunuh Keponakan Lalu Disembunyikan di Tempat Dupa

Salah satu langkah yang diambil Xi adalah meniadakan perlakuan khusus untuk para pejabat di China. Berbagai pembatasan dilakukan. Salah satunya, misalnya, tidak boleh lagi ada karpet merah, atau penyambutan meriah bagi kedatangan seorang pejabat, baik itu pusat dan daerah.

Untuk undangan makan siang, pejabat China hanya boleh menikmati maksimal empat macam masakan, dan satu jenis sup. Mobil dinas dilarang dipakai untuk urusan pribadi.

Jauh-jauh ke Korea, Hal Ini yang Bikin Megawati Kangen
BYD Sea Lion 07

Mobil Listrik Baru BYD Bakal Rilis, Pakai Nama Singa Laut

Pabrikan asal China, Build Your Dreams (BYD) merilis foto-foto interior resmi dari mobil listrik Sea Lion 07, sebuah SUV yang dikabarkan bakal bersaing dengan Tesla model

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024