Pidato Barack Obama di Parlemen Turki

AS Tak Akan Pernah Perangi Islam

VIVAnews - Amerika Serikat (AS) tidak akan pernah perangi Islam. Kendati negara-negara Muslim masih tidak suka dengan AS pasca invasi ke Irak, Washington berharap bisa memperbaiki hubungan dengan mereka.

Demikian pernyataan Presiden AS, Barack Obama, saat berpidato di depan para pimpinan anggota parlemen Turki di Ankara, Senin 6 April 2009 waktu setempat.  "Kami menginginkan kerja sama yang lebih luas berdasarkan kebutuhan dan rasa saling menghormati," kata Obama.

Turki merupakan negara berpenduduk mayoritas Muslim pertama yang disambangi Obama sebagai presiden. Dalam kunjungan ini, Obama berupaya menjangkau dunia Muslim sekaligus meminta bantuan Turki untuk memperbaiki citra AS di Timur Tengah dan menjaga stabilitas pasca perang Irak.

Turki memiliki balatentara terbanyak setelah AS di Organisasi Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO). Namun hubungan kedua negara kurang harmonis saat AS menyerang Irak 2003.

Saat itu, Turki melarang pasukan AS melintasi Turki menuju Irak. Kini hubungan AS-Turki membaik setelah Obama memutuskan akan menarik tentara AS dari Irak.

"Hubungan AS dengan dunia Muslim sangat penting, bukan hanya untuk memecahkan masalah Islam garis keras namun juga untuk memberi kesempatan bagi semua orang," kata Obama. Obama mengakui bahwa kelompok teroris seperti al-Qaida sangat jauh berbeda dengan umat Muslim pada umumnya.

Lebih lanjut, dalam pidato selama 25 menit itu Obama mengatakan Islam telah membantu membangun AS. Sebagian besar warga AS, menurut Obama, memiliki keluarga penganut Islam. "Saya tahu, karena saya mengalaminya," kata dia.

Ayah dan kakek Obama merupakan penganut ajaran Islam. Obama juga menghabiskan sebagian masa kecilnya di Indonesia, negara berpenduduk Muslim terbesar di dunia.

Ankara dan Istanbul merupakan pemberhentian terakhir Obama dalam kunjungan kerja delapan harinya di Eropa. Pertama Obama mengikuti konferensi tingkat tinggi G-20 di London, Inggris lalu merayakan ulang tahun ke-60 NATO di Strasbourg, Prancis. Sebelum ke Turki, Obama menghadiri pertemuan pemimpin negara-negara Uni Eropa di Republik Cheska. (AP)

Otto Hasibuan Sebut Gugatan Sengketa Pilpres Anies dan Ganjar Sebuah Kemunduran
Gelandang Manchester City, Rodri

Declan Rice: Rodri Salah Satu Pemain Terbaik di Dunia

Declan Rice memberi pujian untuk Rodri jelang pertandingan antara Manchester City vs Arsenal di Etihad Stadium dalam lanjutan Premier League, Minggu malam WIB 31 Maret.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024