Selidiki Kasus Erwiana, Polri Sinergi dengan Polisi Hong Kong

Erwiana Sulistyaningsih, TKI yang disiksa di Hong Kong
Sumber :
  • REUTERS/Stringer

VIVAnews - Kepolisian Indonesia turut terlibat dalam penyelidikan kasus penganiayaan terhadap Erwiana Sulistyaningsih oleh majikannya di Hong Kong. Dalam hal ini, kepolisian Sragen bekerja sama dengan kepolisian Hong Kong yang mengirim penyidiknya ke Indonesia.

Sarli Zulhendra, salah satu penasehat hukum dari LBH Yogyakarta yang mendampingi Erwiana mengatakan bahwa perintah bersinergi dengan kepolisian Hong Kong langsung datang dari Mabes Polri. Erwiana sendiri saat ini masih terbaring di Rumah Sakit Islam Amal Sehat, Sragen, akibat luka-luka di tubuhnya.

Kepolisian Sragen sejauh ini telah melakukan pemeriksaan dan penyelidikan terhadap Erwiana, orangtuanya, dan Riyanti, kawan sesama TKW yang menolongnya saat di bandara.

Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran, Jangan Lupa Pasang CCTV

"Tadi pagi orang tua Erwiana sudah di BAP terkait dengan kronologi kepulangan anaknya di rumah hingga dibawa ke rumah sakit. Selain itu pemeriksaan dilakukan untuk mengetahui kondisi Erwiana saat pulang di rumah maupun saat dibawa di rumah sakit," jelasnya.

Siang tadi, polisi Sragen juga mengambil sidik jari Erwiana untuk keperluan penyelidikan di Hong Kong. "Polres Sragen mendapat mandat dari Mabes Polri untuk penyidikan ini. Pengambilan sidik jari dilakukan saat Erwiana terbaring di kamar perawatan," kata Zulhendra kepada VIVAnews, Rabu, 22 Januari 2014.

Dijelaskan dia, hasil pemeriksaan dan penyidikan yang dilakukan kepolisian Sragen itu nantinya akan diserahkan kepada penyidik Hongkong. "Selain menerima hasil penyidikan dari Polri, kepolisian Hongkong juga melakukan penyidikan yang bersifat menambahkan dari hasil penyidikan yang dilakukan pihak Polri," terang dia.

Hari ini rencananya penyidik dari Hong Kong akan menyelidiki keterlibatan penyalur tenaga kerja di Indonesia terkait kasus ini. (ren)

Tyas Mirasih.

Sambil Menangis, Tyas Mirasih Ungkap Kebaikan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina

Sambil menangis haru, Tyas Mirasih mengungkap kebaikan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina langsung di hadapan Raffi di sebuah acara.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024