PM Singapura Unfriend SBY, Media-media Indonesia Termakan Hoax

Situs hoax New Nation di Singapura
Sumber :
  • newnation.sg

VIVAnews - Pagi ini di berbagai media online tanah air muncul berita soal PM Singapura Lee Hsien Loong yang ngambek akibat kasus penamaan KRI Usman Harun. PM Lee dilaporkan unfriend Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Facebook dan untag foto-foto dirinya di akun SBY.

Setelah ditelusuri, ternyata situs yang jadi rujukan berita ini yaitu newnation.sg adalah situs guyonan yang menampilkan berita palsu alias hoax. Dalam berita, terdapat beberapa kalimat yang bermaksud melucu, termasuk di keterangan foto SBY.

"Saya bisa memencet semuanya di antara dua jari dari sudut ini," tulis keterangan foto tersebut, seolah perkataan SBY.

Beberapa media tanah air sudah terlanjur memberitakannya. Setelah tahu situs itu cuma parodi, VIVA.co.id langsung menarik artikel tersebut, beberapa media lainnya melakukan revisi.

Bukan hanya media di Indonesia yang pernah tertipu dengan ulah newnation.sg ini. Media Malaysia juga termakan hoax, bahkan hal ini diumbar oleh pemilik situs itu dalam sebuah artikel berjudul, "Koran Malaysia dengan bodohnya menulis ulang artikel New Nation."

New Nation sendiri sudah gamblang menyatakan dirinya situs guyon. Dalam kolom about, situs ini mengaku sebagai laman satir yang disfungsional.

Anaknya Dituding Selingkuhan Rizky Nazar, Ibu Salshabilla Adriani: Bunda Tahu Sakitnya Hati kamu

"Kami melaporkan 50 persen berita sebenarnya dengan 50 persen jurnalisme investigasi - hasilnya adalah 25 persen akurasi faktual. Setiap kesamaan dengan kebenaran dari apa yang kami tulis sepenuhnya kebetulan," kata mereka. (eh)

Ilustrasi tembakan.

Anggota Polresta Manado Ditemukan Tewas di Mampang Sedang Cuti

Kapolres Metro Jakarta Selatan, Kombes Ade Rahmat Idnal mengatakan bahwa anggota Satlantas Polresta Manado, Sulawesi Utara yakni Brigadir Ridhal Ali Tomi ditemukan tewas.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024