Sambangi RI, Menlu AS Dorong Kerjasama Perubahan Iklim

Menlu Marty Natalegawa dan Menlu AS John Kerry
Sumber :
  • US Department of State

VIVAnews - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, John Kerry, dijadwalkan tiba di Bandara Halim Perdana Kusuma, pada Sabtu, 15 Februari 2014 pukul 19:00 WIB. Dalam kunjungan keduanya selaku Menlu ke Indonesia, Kerry menekankan untuk mempererat kerjasama di bidang perubahan iklim.

Jordi Onsu Mengaku Sering Minta Maaf dan Mengalah ke Ruben Onsu

Kerry menyebut isu perubahan iklim selalu menjadi perhatian utama pemerintahan Presiden Barack Obama. Hal ini diungkapkan Kerry dalam sebuah video dan diunggah ke situs media sosial Youtube oleh Kedutaan Besar AS di Jakarta.

"Dengan lebih dari 17 ribu pulau, Indonesia sangat rentan terhadap risiko naiknya permukaan laut. Kami perlu bekerja sama untuk mencari solusi yang tepat bagi semua pihak," ujar Kerry.

Bicara Soal Ruben, Jordi Onsu: Tidak Berkomunikasi juga Bukan Sama Aku Doang

Selain itu, Kerry turut menambahkan dalam kunjungannya kali ini ke Jakarta, dia ingin bertukar pikiran dengan masyarakat Indonesia. Dia ingin mengetahui langkah apa yang bisa diambil untuk melindungi planet bumi.

Kerry juga dijadwalkan akan memberikan pidato khusus mengenai perubahan iklim di Pusat Kebudayaan Amerika, @America, pada Minggu, 16 Februari 2014. Bagi Anda yang tertarik untuk mengetahui isi pidato Kerry, maka dapat disaksikan secara langsung di situs http://www.livestream.com/at_america dan http://www.ustream.tv/channel/atamerica.

Wanita Hamil yang Ditemukan Tewas di Ruko Kelapa Gading Punya Hubungan dengan Terduga Pelaku

Anda juga dapat mengikuti perbincangannya melalui akun Twitter di @usembassyjkt dengan menggunakan hashtags #ActOnClimate dan #MenluKerry.

Selain itu, dalam video pesan lawatan ke RI, Kerry juga menegaskan bahwa AS menganggap Indonesia sebagai pemimpin di kawasan dan mitra dalam mendorong perdamaian dan kesejahteraan. Khususnya dalam mengatasi isu perubahan iklim global.

Kerry sebelumnya sudah pernah menyambangi RI, saat mewakili Presiden Obama yang batal hadir dalam pertemuan KTT APEC di Nusa Dua, Bali pada Oktober 2013. Dia mengaku terkesan dalam kunjungan terakhir ke Bali.

"Saya berkunjung ke Pelabuhan Benoa dan melihat aktivitas sektor perikanan yang dipadukan dengan praktik upaya pelestarian. Hal itu sungguh luar biasa," ujar Kerry memuji.

Kerry juga dijadwalkan akan bertemu dan memimpin sidang komisi gabungan di bawah kemitraan komprehensif AS-Indonesia di Kemenlu pada Senin, 17 Februari 2014. Kunjungan Kerry ke Jakarta merupakan bagian dari lawatan ke beberapa kota di Asia seperti Seoul, Beijing, dan Abu Dhabi sejak tanggal 13 Februari hingga 18 Februari 2014.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya