China Bangun Terowongan Bawah Laut Terpanjang di Dunia

Terowongan kereta bawah laut Selat Inggris
Sumber :
  • Reuters/Pascal Rossignol

VIVAnews - Para insinyur di China memaparkan rencana pembangunan terowongan bawah laut terpanjang di dunia sejauh 77 mil dari Dalian ke Yantai, China.

Dilansir Dailymail, Sabtu 15 Februari 2014, terowongan yang berada di bagian timur China ini akan menghemat perjalanan dengan kapal ferry selama delapan jam dan 900 mil perjalanan darat.

Terowongan seharga Rp22 triliun ini akan dibangun selama beberapa tahun dan direncanakan selesai pada tahun 2026. Proposal pertama pembangunan jalur bawah laut ini pernah diajukan tahun 1994, tetapi masih sebatas rencana.

Adapun terowongan bawah laut terpanjang di dunia saat ini adalah terowongan Seikan di Jepang, yang dibuka pada tahun 1988. Terowongan itu dibangun selama dua dekade dan melintang sepanjang 31 mil.

Para insinyur China akan menyerahkan blueprint pembangunan kepada pemerintah bulan April ini, dan perkerjaan pembangunan akan dilakukan pada awal tahun 2015 atau 2016.

Terowongan ini akan dimulai dari kota Port di Dailan di perairan timur propinsi Liaoning kota Yantai perairan timur Shandong, memakan waktu tempuh 40 menit. Saat ini, perjalanan dari kota Dalian ke Yantai sejauh sejauh 1400 KM atau 870 mil lewat darat ditembuh selama delapan jam perjalanan dengan kapal ferry.

Wang Menshu, ahli terowongan dan kereta api di China, mengatakan perkiraan dana untuk pembangunan terowongan adalah 220 triliun Yuan. Menurutnya, pembuatan laporan kelayakan terowongan akan memakan waktu 2-3 tahun. (umi)

Menkeu Sebut Jumlah Dana Pemda Mengendap di Bank Capai Rp 180,9 Triliun

Laporan: Hartini Aprilia

Menteri Sosial Tri Rismaharini

Risma Populer di Jatim tetapi Elektabilitas Khofifah Tinggi, Menurut Pakar Komunikasi Politik

Pakar komunikasi politik mengatakan sosok Menteri Sosial Tri Rismaharini cukup populer di Jawa Timur tetapi elektabilitasnya tidak setinggi Khofifah Indar Parawansa.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024