Departemen Agama Islam Selangor Selidiki Ritual Dukun Ibrahim

Aksi Ibrahim Mat Zin, yang dikenal sebagai bomoh, sebutan untuk dukun di Malaysia saat melakukan ritual untuk membantu mencari pesawat Malaysia Airlines yang hilang.
Sumber :
  • REUTERS/Damir Sagolj
VIVAnews -
Wisatawan di Kota Semarang Capai 350 Ribu Orang Saat Libur Lebaran, Kota Lama Terbanyak Dikunjungi
Departemen Agama Islam Selangor, Malaysia (Jais) akan menyelidiki aksi Ibrahim Mat Zin saat melakukan ritual di Bandara Internasional Kuala Lumpur.

Wanita Muda Diduga Dibunuh Mantan Suami Saat Cekcok

Ibrahim melakukan aksi itu sebagai upaya mencari keberadaan pesawat Malaysia Airlines MH370 yang hilang sejak Sabtu 8 Maret 2014.
Ratas Bahas Geopolitik, Airlangga: Cadangan Devisa Kita Masih Kuat


Ibrahim yang didampingi sejumlah asistennya, melakukan beberapa ritual seperti membentur-benturkan dua buah kelapa dan mengayuh perahu di atas "karpet ajaib".


"Jais telah menerima banyak keluhan dari masyarakat, termasuk melalui website dan Facebook soal kelakar yang dilakukan," ujar Direktur Jais Ahmad Zaharin seperti dilansir
Straitstimes
, Minggu 16 Maret 2014.


Apa yang dilakukan Ibrahim tidak sesuai dengan ajaran Islam.


"Kami sedang menyelidiki tindakannya berdasarkan Pasal 7 (1) Undang-undang Tindak Pidana Syariah," kata Zaharin.


Ibrahim yang dikenal sebagai "bomoh", sebutan dukun di Malaysia, menegaskan upacara yang dilakukannya sesuai dengan hukum Islam.


Selama ritual, Ibrahim menggunakan kalimat suci dari Alquran. "Barang-barang yang saya gunakan hanyalah simbolis dan telah diwariskan oleh generasi sebelumnya. Ini bukan untuk menyembah," kata Ibrahim kepada Utusan Malaysia.


"Saya berharap masyarakat tidak menuduh saya menjalankan ajaran sesat," tegasnya. [Baca selengkapnya ]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya