"Usman-Harun" Muncul di JIDD, Singapura Berang

Usman Harun
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Andika Wahyu

VIVAnews - Ketegangan antara Indonesia dan Singapura kembali mencuat paska penamaan Kapal Perang RI Usman-Harun. Singapura mengaku kecewa setelah dua prajurit memakai baju marinis dengan badge 'Usman' dan 'Harun' di acara Jakarta International Defence Dialogue, Rabu 19 Maret 2014.

Dalam sebuah pernyataan, Kementerian Luar Negeri Singapura mengaku kecewa dengan 'insiden' itu dan menarik delegasi militer mereka dari acara tersebut, seperti dikutip dari laman Todayonline edisi Jumat 21 Maret 2014. Diberitakan sebelumnya, Singapura menganggap Sersan Dua Usman dan Kopral Harun Said tak lebih dari teroris yang membom negaranya tahun 1965.

"Pejabat kami di Kedutaan Jakarta sudah berbicara dengan perwakilan Kementerian Luar Negeri RI dan TNI mengenai kekecewaan kami mengenai insiden di sebuah acara internasional itu, di mana Singapura diundang sebagai tamu," kata Kemlu Singapura.

Singapura juga mengaku bingung dengan komentar Menteri Pertahanan RI Purnomo Yusgiantoro yang--menurut media di Indonesia--mengatakan, "tak masalah' dengan keberadaan dua marinir bernama 'Usman' dan 'Harun' dalam acara itu.

Laman Todayonline juga mengutip pemberitaan Tempo yang menyebutkan, kedua marinir yang mirip Usman-Harun itu adalah Sersan Hari dan Sersan Ahmad. Namun, tak jelas betul dari kesatuan mana mereka berasal.

Jakarta International Defence Dialogue ( JIDD ) 2014 adalah forum yang bertujuan untuk meningkatkan kerjasama antara negara-negara di wilayah Indo - Pasifik. Forum itu diperkirakan dihadiri sekitar 500 delegasi, termasuk pejabat militer dan pejabat pemerintahan dari 46 negara. Acara ini diadakan sebagai bagian dari ulang tahun Universitas Pertahanan Indonesia.

Diberitakan sebelumnya, Usman dan Harun adalah pahlawan bagi Indonesia, namun tidak bagi Singapura.

5 Tips untuk Mengontrol Emosi secara Efektif, Menghadapi Emosi dengan Tenang

KRI Usman-Harun

Diberitakan sebelumnya, awal Februari lalu, Singapura sempat keberatan dengan niat Indonesia menamai kapal yang baru dibeli dari Inggris: KRI Usman-Harun. Singapura menilai, Indonesia tidak sensitif.

Kala itu, Singapura merupakan bagian dari Malaysia. Dan, Indonesia tengah berkonfrontasi dengan Malaysia.

Tugas Usman, Harun, dan seorang lainnya bernama Gani sangat rahasia, yaitu membom pusat Singapura. Pada tanggal 10 Maret 1965, mereka berhasil melaksanakan tugas, yakni membom MacDonald House, gedung berlantai 10 di Orchard Road yang menjadi kantor Hongkong and Shanghai Banking Corporation (HSBC). Gedung itu berada di pusat keramaian Singapura.

Reruntuhan tembok menimpa 150 karyawan bank, yang sedang merapikan pekerjaan mereka. Meja, kursi, dan mesin ketik terpental hingga ke jalan. Tiga orang tewas, dan 33 lainnya terluka. Puluhan mobil rusak berat. Kaca-kaca jendela gedung sepanjang Orchard Road hancur dalam radius 100 meter dari MacDonald House.

Sial bagi Usman dan Harun yang kemudian tertangkap otoritas Singapura. Mereka kemudian divonis mati. Keduanya digantung pada 17 Oktober 1968.

Pertanyakan Ghea Indrawari yang Belum Menikah, Anang Hermansyah Dihujat Netizen

Atas jasa mereka selama konfrontasi dengan Malaysia itu, TNI AL mengabadikan nama keduanya di kapal perang yang baru dipesan dari Inggris.

Ria Ricis

Ria Ricis Ngonten Pakai Siger Sunda, Netizen: Kode Pengen Jadi Manten Lagi

Ria Ricis membuat transisi make up yang di awal wajahnya terlihat sangat polos serta hanya berpakaian kaos dengan jilbab hitam, kemudian ia menari-nari kecil.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024