Malaysia Tuduh Media China Provokasi Keluarga Penumpang MH370

Keluarga penumpang MH370 demonstrasi di depan Kedubes Malaysia Beijing
Sumber :
  • REUTERS/Kim Kyung-Hoon
VIVAnews -
Kenang Jenderal Wismoyo, Prabowo: Ajaran Beliau Bawa Saya Sampai Mendapat Mandat Rakyat
Menteri Dalam Negeri, Ahmad Zahid Hamidi, dalam sidang parlemen pada Rabu, 26 Maret 2014 menuduh media cetak berbahasa China sebagai penyebab keluarga penumpang asal Beijing marah dan mengecam Pemerintah Malaysia.

AS Gelontorkan Lagi Rp 420 Triliun Lebih untuk Perang Israel di Gaza

Menurut Zahid, media asal China sengaja menulis berita sensasional sehingga membuat keluarga marah dan membenci Pemerintah Negeri Jiran.
Galaxy AI Hadir dalam Bahasa Indonesia, Cukup 3 Langkah


Dilansir harian
Straits Times
edisi Rabu 26 Maret 2014, Zahid tidak menyebut secara spesifik media mana yang dituduh sebagai provokator. Apakah media berbahasa China di Malaysia atau di Tiongkok.


"Laporan hampir semua koran berbahasa China berisi sentimen dan menyebabkan keluarga penumpang dari China yang berada di pesawat MH370 menjadi marah," ujar Zahid seperti dikutip media Malay Mail Online.


Zahid menjelaskan bahwa Perdana Menteri Najib Tun Razak dan Pelaksana Menteri Transportasi, Hishammuddin Hussein, telah melakukan upaya terbaik untuk menyelesaikan masalah ini.


"Tetapi media ini malah memanipulasi berita itu dan menulis sesuatu yang bersifat sentimen sehingga keluarga yang berasal dari Beijing menjadi kesal," imbuh Zahid seperti dikutip Malaysia Insider.


Kemarahan keluarga asal China dipahami, sebab dua pertiga penumpang MAS merupakan warga negara Tiongkok. Namun, keluarga penumpang MAS dengan cepat langsung menunjuk hidung Pemerintah Negeri Jiran dan maskapai nasional mereka lantaran dianggap tidak kompeten sejak burung besi itu dinyatakan hilang pada 8 Maret 2014.


Walaupun PM Najib membenarkan bahwa pesawat jatuh di Samudera Hindia Senin kemarin, keluarga penumpang masih belum puas lantaran Najib dinilai terlalu cepat mengambil kesimpulan. Padahal puing-puing pesawat belum ditemukan sampai hari ini.


Kecaman juga dialamatkan oleh selebriti Tiongkok seperti Zhang Ziyi dan kekasihnya Wang Feng di media sosial China, Sina Weibo. Sebab, salah satu rekan mereka, Ju Kun, yang menjadi aktor pengganti bagi Jet Li turut berada di dalam pesawat itu.


Keluarga penumpang yang kesal pada Rabu kemarin langsung memuntahkan pertanyaan-pertanyaan menohok kepada utusan Malaysia saat digelar pertemuan di Beijing. Beberapa di antara mereka, bahkan ada yang meneriakkan delegasi Malaysia itu sebagai "pembunuh". (adi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya