MH370 Punya Empat Alat Penentu Lokasi, Semuanya Mati

Pesawat Boeing milik Malaysia Airlines
Sumber :
  • Planespotter/Bruno Muthelet

VIVAnews - Boeing 777-200 yang diduga hilang di Samudera Hindia ternyata tidak hanya punya satu atau dua penentu lokasi, tetapi empat. Namun, semuanya tidak ada yang terdeteksi saat pesawat itu hilang bulan lalu dari radar di Laut China Selatan.

Hal ini disampaikan oleh sumber yang dikutip CNN, Jumat 18 April 2014. Dia mengatakan bahwa ada empat penentu lokasi darurat atau yang dikenal dengan ELT di pesawat Malaysia Airlines penerbangan MH370 itu. ELT akan memberikan sinyal keberadaan jika benda tersebut terpapar air, atau pesawat tenggelam di laut.

Keempat ELT itu terletak di pintu depan, pintu belakang, lambung pesawat, dan di kokpit. Belum lagi ditambah dengan kotak hitam yang biasanya diletakkan di ekor pesawat. Sumber yang merupakan ahli penerbangan senior Malaysia ini heran, mengapa keempat penentu lokasi itu tidak menyala, atau mungkin dimatikan.

Sebelumnya menurut otoritas Malaysia, setidaknya ada tiga penentu lokasi di pesawat, berupa dua unit portabel dan satu yang ditanamkan oleh Boeing.

Ketika dimintai konfirmasi mengenai hal ini, pihak Malaysia Airlines bungkam. Mereka mengatakan tidak akan mengomentari setiap informasi yang berhubungan dengan investigasi.

Viral! 4 Pria Terkapar Dipukuli di Depan Polres Jakpus Dipicu Pengeroyokan Anggota TNI

Informasi terbaru soal ketinggian terbang pesawat itu juga semakin menambah misteri. Menurut sumber, setelah hilang pesawat terbang sangat tinggi, hampir mencapai batas ketinggian Boeing 777-200.

Saat hilang pada 8 Maret lalu, pesawat menanjak ke ketinggian 39.000 kaki, sementara batas ketinggian Boeing 777 adalah 41.000 kaki. Ketinggian itu dipertahankan selama 20 menit di Semenanjung Malaysia sebelum akhirnya menukik ke altitude yang lebih rendah.

Pertanyaannya adalah, mengapa? Hal ini masih menjadi misteri besar seperti tidak diketahuinya lokasi pesawat saat ini. Sebanyak 239 penumpang dan kru di dalamnya juga tidak diketahui nasibnya, jutaan orang di seluruh dunia menanti jawaban atas peristiwa ini.

Pencarian juga belum membuahkan hasil. Jumat kemarin, drone bawah laut telah melakukan enam kali perjalanan turun-naik untuk mencari pesawat di dasar samudera. Drone mencapai kedalaman lebih dari 4.600 meter di bawah permukaan. (umi)

VIVA Militer: Tiga jenderal Marinir purna bhakti

3 Jenderal Hantu Laut Pamit Tinggalkan Marinir, Salah Satunya Intelijen Kakap TNI

Siapa saja ketiga jenderal itu?

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024