Benda yang Diduga Pesawat MH370 Terdampar di Pantai Australia

Peta penemuan dua benda yang diduga bagian dari pesawat MH370
Sumber :
  • REUTERS/Sean Davey


VIVAnews
- Penyelidik dari Australian Transport Safety Bureau (ATSB) tengah menyelidiki benda yang diduga puing dari Malaysia Airlines MH370 yang hilang sejak 8 Maret 2014 lalu.

Material benda yang diduga milik maskapai Malaysia itu ditemukan terdampar di pantai barat Australia atau sekitar 320 km sebelah selatan Perth, pada Rabu, 23 April 2014. Benda itu kini berada di kantor polisi Busselton.

Petugas polisi Busselton mengambil foto benda yang diduga puing itu dan mengirimkannya ke Otoritas Keselamatan Maritim Australia (AMSA). Kemudian oleh AMSA, foto tersebut dikirim kepada ATSB.

Ketua Tim Pencarian Gabungan Australia (JACC) Angus Houston, mengatakan ATSB masih mempelajari foto-foto benda yang diduga milik MH370. Disamping itu mereka juga telah mengirimkan foto-foto tersebut ke tim investigasi Malaysia.

Namun polisi setempat memperingatkan agar pihak berwenang tidak cepat-cepat mengambil kesimpulan bahwa benda tersebut terkait MH370. Sebelumnya dilaporkan temuan menarik sebuah benda yang terdampar di pantai barat Australia, setelah disisir ternyata benda itu tidak terkait dengan pesawat nahas itu.

Sementara itu, Kepala Komisioner ATSB, Martin Dolan mengaku belum dapat memastikan apakah puing itu memang bagian dari MH370 karena masih menunggu analisa ahli. Tapi dari hasil pengamatan sementara, benda tersebut tampak seperti lembaran logam.

"Ini cukup menarik bagi kita untuk melihat foto-foto itu," kata Dolan dilansir news.com.au. "Semakin kita melihat itu, kurang bersemangat kita dapatkan," imbuhnya.

Kutukan Sungkyunkwan Scandal: 5 Pemerannya Terjerat Kontroversi Bertubi-tubi!

Proses pencarian pesawat MH370 masih berlanjut di Samudera Hindia sebelah barat laut dari Perth. Namun pencarian yang dilakukan JACC hari ini terpaksa ditunda karena cuaca buruk.

Sebelumnya Australia melaporkan ada dua benda yang terpantau satelit di bagian selatan Samudera Hindia. Sebuah tim lantas dikerahkan menyelidiki apakah dua benda itu merupakan potongan badan pesawat Malaysia Airlines nomor penerbangan MH370, yang sudah 12 hari menghilang.

Menurut kantor berita Reuters hari ini, salah satu benda berukuran lebih besar, yaitu hingga 24 meter. Dua benda itu ditemukan di dalam laut yang berjarak 2.500 km sebelah barat daya kota Perth. (adi)

Bulu Mata, Salah Satu Kunci Penampilan Kris Dayanti
Febri Diansyah dan Rasamala Usai Diperiksa Penyidik KPK

Jaksa KPK Panggil Febri Diansyah dkk ke Sidang SYL, Ini Alasannya

Jaksa KPK akan memanggil Febri Diansyah dkk dalam sidang kasus dugaan pemerasan dan gratifikasi di Kementerian Pertanian (Kementan) dengan terdakwa mantan Mentan SYL.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024