Tiba di Jepang, Obama Langsung ke Restoran Sushi

Presiden AS Obama dan PM Jepang Shinzo Abe
Sumber :
  • REUTERS/Cabinet Public Relations Office/Pool
VIVAnews -
Polisi Sebut Wanita yang Ditemukan Tewas di Dermaga Pulau Pari Kerja Open BO
Presiden Amerika Serikat Barack Obama tiba di Jepang pada Rabu, 23 April 2014, sebagai negara pertama dalam tur Asia kali ini. Tujuan pertama Obama dalam kunjungannya bukanlah istana presiden atau gedung parlemen, melainkan restoran sushi.

Dua Anak-anak Sempat Terjebak di Dalam Toko Bingkai yang Kebakaran

Diberitakan
Kondisi Mengenaskan 5 Korban Kebakaran Toko Frame Mampang Jakarta Selatan
New York Times , baru 90 menit tiba di Tokyo, Obama langsung diantar ke warung sushi paling terkenal di Jepang atau mungkin di seluruh dunia. Restoran mungil bernama Sukyabashi Jiro itu terletak di pojokan stasiun bawah tanah Ginza.


Ditemani Perdana Menteri Shinzo Abe, Obama terlihat santai dengan setelah jas tanpa dasi. Hari pertama memang agenda Obama masih lengang, Kamis baru dia akan menjalani tugas kenegaraan di Negeri Matahari Terbit itu.


Restoran itu hanya berisikan 10 kursi. Namun untuk mendapatkan kursi tersebut harus booking paling tidak tiga bulan sebelumnya. Chefnya adalah Jiro Ono, 86, koki sushi pertama peraih bintang tiga Michelin. Restoran itu juga satu dari 100 restoran yang mendapatkan bintang tiga dari Michelin Guide.


Tidak ada menunya, rangkaian sushi dipilih sendiri oleh Jiro. Harga satu set sushi di restoran Jiro yang paling murah mulai dari 27.000 yen, setara Rp3,6 juta. Mereka hanya menerima uang tunai, tidak boleh pakai kartu kredit dan debit. Restoran Jiro terkenal setelah ditayangkan dalam film dokumenter "Jiro Dreams of Sushi" tahun 2011 lalu.


Bersama Obama, turut juga Duta Besar AS untuk Jepang Caroline Kennedy dan penasihat keamanan nasional Susan E. Rice. Mereka menyantap sushi selama satu setengah jam.


"Ada sushi yang sangat enak di dalam sana," kata Obama singkat saat ditanya kesannya.


PM Abe mengatakan bahwa sushi di restoran Jiro itu adalah yang terbaik yang pernah dimakan Obama. "Presiden Obama mengatakan pada saya, 'Saya lahir di Hawaii dan sering makan sushi, tapi ini adalah sushi terbaik yang pernah saya makan sepanjang hidup'," kata Abe seperti dikutip dari
NHK
.


Setelah dari Jepang, rencananya Obama akan menyambangi Korea Selatan, Malaysia dan Filipina. Agenda utama Obama adalah membangun kemitraan bisnis dan keamanan dengan negara-negara tersebut.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya