Somalia, Negara Terburuk untuk Ibu

Ilustrasi warga Somalia
Sumber :
  • Dok. Save the Children

VIVAnews - Somalia didaulat sebagai tempat terburuk untuk seorang ibu. Posisi Somalia berada di dasar dibanding 178 negara lainnya dalam daftar negara terbaik untuk ibu versi lembaga Save the Children.

Diberitakan The Age, Selasa 6 Mei 2014, Somalia di urutan terbawah dalam perhitungan kesehatan ibu, peluang hidup anak, pendidikan, pendapatan dan status politik wanita. Sementara posisi pertama, atau negara terbaik untuk seorang ibu adalah Finlandia.

Dalam laporan State of the World’s Mothers 2014, disebutkan hanya satu dari 12.000 wanita Finlandia yang meninggal saat kehamilan dan kelahiran. Sedangkan di Somalia, satu dari 16 wanita meninggal saat melahirkan.  Sebanyak 15 persen anak di Somalia hanya hidup kurang dari usia lima tahun, kategori yang sama untuk Finlandia hanya 0,3 persen.

Indonesia menempati posisi ke-119 negara negara layak bagi ibu. Di Asia, posisi juara diperoleh Singapura di posisi 15.

Sepuluh posisi teratas secara berturut-turut adalah Finlandia, Norwegia, Swedia, Islandia, Belanda, Denmark, Spanyol, Jerman, Australia dan Belgia. Tidak ada posisi ke-10 karena posisi 9 diduduki oleh dua negara, yaitu Australia dan Belgia.

Sementara 10 posisi paling bawah adalah Somalia, Republik Demokratik Kongo, Niger, Mali, Guinea-Bissau, Republik Afrika Tengah, Sierra Leone, Nigeria, Chad dan Pantai Gading. Kebanyakan negara-negara ini terletak di Afrika yang tengah dilanda konflik perang saudara.

Istri Kena Tuduhan Korupsi, PM Spanyol Bersiap Mengundurkan Diri

Kepala Eksekutif Save the Children Jasmine Whitbread mengaku tidak heran jika 10 negara terburuk bagi ibu adalah yang rawan konflik. "Ibu miskin yang paling menderita," kata Jasmine.

Laporan ini, imbuhnya, sekali lagi menunjukkan disparitas yang menyedihkan antara ibu di negara kaya dan miskin.

Dalam laporannya, Save the Children mengatakan bahwa pemerintah, negara-negara donor, badan internasional, sektor swasta dan sipil turut bertanggung jawab atas keadaan ini. "Mereka harus memastikan ibu dan anak yang hidup di daerah konflik punya kesempatan yang baik untuk selamat dan hidup dengan sehat," tulis Save the Children. (ita)

Mobil Chery Omoda E5 yang Ditabrakkan ke Tembok Mal oleh Anak Kecil

Orangtua Anak yang Tabrakkan Mobil di Mall Jadi Konsumen Chery

PT Chery Sales Indonesia (CSI) buka suara terkait video viral di media sosial yang menunjukkan seorang anak kecil menabrakkan mobil listrik Omoda E5 ke tembok di mall.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024